Advertisement

Achmad Yurianto Tutup Usia, Rekan Sejawat: Dia Pahlawan Covid-19!

Aprianus Doni Tolok
Sabtu, 21 Mei 2022 - 22:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Achmad Yurianto Tutup Usia, Rekan Sejawat: Dia Pahlawan Covid-19! Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto memberikan update data virus corona (Covid-19) di Indonesia dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Minggu (24/5/2020) - Dok./Gugus Tugas Covid/19

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meninggal dunia Sabtu, 21 Mei 2022 akibat sakit kanker yang dideritanya.

Sosok Achmad Yurianto dikenal luas sebagai penyampai informasi terkini kondisi pandemi Covid-19 pada masa awal merebak di Indonesia. Tak bisa dimungkiri, wajah dan suaranya selalu membekas di benak masyarakat yang saat itu panik akibat merebaknya virus Sars-Cov-2 di Tanah Air.

Advertisement

Bahkan, tokoh persuratkabaran Indonesia, Suryopratomo menyebut Yurianto sebagai 'Pahlawan Covid-19' karena selalu sigap dan cermat dalam memberikan informasi kepada masyarakat melalui media massa terkait penyakit yang saat itu masih penuh dengan misteri.  

"Salah seorang pahlawan covid-19. Setiap hari selama 100 hari lebih tampil di depan televisi pada jam yang sama untuk memberikan update perkembangan covid-19 di Tanah air dan memberikan edukasi tentang apa yang harus dilakukan masyarakat menghadapi penyakit yang belum diketahui sampai sekarang apa sebenarnya penyakit ini," katanya melalui pesan singkat, Sabtu (21/5/2022).

Kesedihan juga dirasakan oleh rekan sejawatnya, Zubairi Joerban. Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini menilai almarhum sebagai sosok yang sangat berkomitmen melayani masyarakat di masa awal pandemi Covid-19. 

"Sangat sedih mengetahui Dirjen P2P Kemenkes dr. Achmad Yurianto tidak ada lagi. Sosok yang berkomitmen pada awal pandemi Covid-19—dalam melayani masyarakat. Semoga almarhum husnul khatimah dan Allah menempatkan beliau di tempat yang mulia di sisi-Nya. Amin," cutnya melalui akun Twitter @ProfesorZubairi.

Adapun, kabar duka ini disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan drg. Widyawati.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah, dr Ahmad Yurianto pada hari sabtu, 21 mei 2022 pukul 18.58 di Malang. Semoga beliau diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT serta keluarga yg ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran...aamiin ya robbal alamin," katanya melalui pesan singkat, Sabtu (21/5/2022).  

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Nonton Yuk..Bakal Ada Gelaran Macapat Senja di Teras Malioboro

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement