Advertisement

70 Negara Siap Hadir di Acara Paskah Diaspora Katolik Indonesia Sedunia

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 03 Mei 2022 - 11:07 WIB
Sugeng Pranyoto
70 Negara Siap Hadir di Acara Paskah Diaspora Katolik Indonesia Sedunia Ketua Panitia Penyelenggara AM Putut Prabantoro./IST

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Perwakilan dan misionaris Indonesia dari 70 negara akan mengikuti perayaan Paskah Bersama Diaspora Katolik Indonesia Sedunia dengan tema Indonesia to the Continents - Indonesia ke Benua-Benua.

Kegiatan yang diadakan secara online pada Sabtu (7/5/2022) pukul 15.00 WIB ini dipersembahkan secara khusus kepada para misionaris Indonesia yang berkarya di 70 negara tersebut.

Untuk pertama kali, kegiatan Paskah Bersama Diaspora Katolik Indonesia Sedunia ini melibatkan lima komunitas yakni PWKI (Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia), Misionaris Indonesia, IRRIKA (Ikatan Rohaniwan-Rohaniwati Indonesia Di Kota Abadi atau Roma), Jaringan KKI Diaspora Sedunia dan Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) serta didukung penuh oleh KBRI Untuk Takhta Suci (Vatikan).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Perayaan ini akan diawali dengan misa konselebrasi oleh Rm Leonardus Mali (Roma), Rm Agustinus Purnomo MSF (Norwegia), Rm Paul Halek SSCC (Roma) dan Rm Markus Solo Kewuta SVD (Vatikan).

Ketua Panitia Penyelenggara AM Putut Prabantoro menjelaskan alasan pelibatan lima komunikas Katolik Indonesia itu, terkait dengan pernyataan tegas Paus Fransiskus dalam pesannya pada perayaan Vita Consacrata – Hidup Bakti, pada 02 Februari 2022.

“Paus dengan tegas menyebut Indonesia sebagai pulau-pulau panggilan. Sebagai konsekuensinya, dalam konteks ini adalah Indonesia tidak hanya berarti Gereja Katolik Indonesia tetapi lebih luas lagi yakni bangsa-negara Indonesia yang merupakan satu kesatuan.,” jelas Putut Prabantoro yang juga Taprof (dosen) Bidang Ideologi dan Sosbud, Lemhannas RI dalam rilisnya kepada media, Selasa (3/5/2022).  .

Dari Roma, Italia, Penasihat Panitia Penyelenggara, Rm Leonardus Mali mengungkapkan tradisi perayaan Natalan dan Paskahan bersama secara virtual dilakukan Jaringan KKI Diaspora Sedunia sejak tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19.  “Meski tema tahun ini adalah Indonesia To The Continents, namun secara makna tetap sama dengan tema tahun-tahun sebelumnya yakni Indonesia Ke Seluruh Dunia. Perayaan kali ini diharapkan lebih luas dan meriah karena dipersembahkan serta sekaligus melibatkan para misionaris Indonesia yang saat ini sedang bermisi di 70 Negara di seluruh dunia,” kata Rm Leo Mali langsung dari Roma. 

Menurut Leo Mali, ke 70 negara tersebut antara lain seluruh negara di Benua Amerika, Belanda, negara-negara di Eropa termasuk Kazakhstan dan Rusia, Benua Afrika termasuk Kenya, Madagaskar Zimbabwe, Kongo, Sudan, Uganda, Malawi termasuk Afrika Selatan, beberapa negara di Asia termasuk Vietnam, Kamboja, Myanmar, Thailand, Hong Kong, Jepang, Taiwan dan India serta Benua Australia.  pada  awalnya perayaan-perayaan oleh KKI Diaspora Indonesia.

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Apa Kabar Kasus Pencabulan Anak oleh Marbot di Bantul? Begini Kata Kejari

Bantul
| Kamis, 29 September 2022, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement