Liburan ke Gunung Lawu, Warung Ini Bisa Jadi Jujukan untuk Wisata Kuliner

Warung Makan Mbak Ning kerap menjadi jujukan wisatawan ke Tawangmangu, Karanganyar. (Indah Septiyaning Wardani - Solopos.com)
03 Mei 2022 09:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, KARANGANYAR – Lereng Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar terdapat sejumlah objek wisata maupun tempat kuliner yang bisa dikunjungi saat libur Lebaran.

Salah satu tempat wisata kuliner di wilayah Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang tak pernah luput menjadi jujukan kunjungan wisatawan saat berkunjung ke Bumi Intanpari yakni Warung Mbak Ning.

Warung Makan yang terletak di pinggir jalan raya Karangpandan-Ngargoyoso KM 5 tepatnya di Desa Puntukrejo merupakan pelopor bertumbuhnya resto-resto ciamik di Ngargoyoso.

Menu andalan Mbak Ning adalah ayam tim kampung. Selain ayam tim juga ada menu khas lainnya seperti Timlo, Nasi Goreng, Sop, Ikan, Aneka Masakan Jawa. Di Warung Makan Mbak Ning juga tersedia aneka camilan khas seperti keripik ubi ungu, keripik sayuran, onde-onde ubi ungu, tahu bakso. Kemudian camilan ubi ungu isi bligo.

“Semua produk olahan sendiri seperti keripik sayur dan ubi ungu isi blingo sekarang menjadi oleh-oleh khas Kemuning,” kata pemilik Warung Makan Mbak Ning, Ning ketika berbincang dengan Solopos.com akhir pekan lalu.

Usaha Warung Makan Mbak Ning ini dirintis sejak 16 tahun silam. Yang dulunya hanya rumah makan biasa kini menjelma menjadi bisnis raksasa. Warung Makan Mbak Ning berkembang dan kini memiliki tiga tempat. Yakni Warung Makan Mbak Ning 1, Wedangan Mbak Ning, dan Warung Makan Mbak Ning 2.

Ada dua pilihan bagi pengunjung menikmati makanan di warung Makan Mbak Ning, yaitu tempat duduk ala restoran lengkap dengan meja dan kursi di bagian depan, dan konsep lesehan di bagian belakang dengan gazebo yang terbuat dari bambu serta kolam ikan di bagian bawahnya.

“Bisa dibilang kami pelopor resto yang bermunculan di Kemuning ini. Kalau ke Kemuning belum lengkap ke Mbak Ning. Termasuk oleh-olehnya dan semua kami produk olahan sendiri,” katanya.

Ramainya bisnis resto di kawasan Kemuning tak membuat usahanya meredup. Ning mengaku bertumbuhnya bisnis resto mampu meramaikan kawasan Kemuning sehingga kini menjadi jujukan wisatawan.

Ia pun memanfaatkan momentum libur Lebaran ini untuk semakin memperkenalkan kawasan wisata Ngargoyoso. “Sini datang ke Ngargoyoso. Sejuk dan pemandangannya sangat indah cocok untuk liburan,” katanya.

 

Artikel ini sudah tayang di Solopos.com dengan judul "Liburan ke Kemuning Karanganyar, Jangan Lupa Mampir ke Warung Mbak Ning" selengkapnya di sini: https://www.solopos.com/liburan-ke-kemuning-karanganyar-jangan-lupa-mampir-ke-warung-mbak-ning-1309744?utm_source=terkini_desktop.

 

Sumber : solopos.com