Advertisement

25 WNI Berhasil Dievakuasi dari Ukraina ke Rumania

Setyo Aji Harjanto
Minggu, 27 Februari 2022 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
25 WNI Berhasil Dievakuasi dari Ukraina ke Rumania 25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina ke wilayah Rumania pada Minggu, 27 Februari 2022 / Twitter Kemlu_RI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu) RI menyebut 25 warga negara Indonesia (WNI) sudah dievakuasi dari Odessa, Ukraina.

Kemlu menyampaikan bahwa 25 WNI yang dievakuasi dari Odessa Ukraina itu telah tiba di wilayah Rumania. Hal tersebut diungkapkan Kemlu lewat akun twitter-nya @Kemlu_RI.

Diketahui, eskalasi Invasi Rusia ke Ukraina makin memanas. Pasukan Rusia telah memasuki sejumlah wilayah Ukraina.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Alhamdullilah, 25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina dan telah tiba di wilayah Rumania," tulis @Kemlu_RI, Minggu (27/2/2022).

Kemlu menyebut tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) membawa ke-25 WNI itu menuju Bucharest, Rumania. Kemlu menyebut Pemerintah Indonesia masih terus mengupayakan evakuasi seluruh WNI yang masih berada di Ukraina.

"Pemerintah terus mengupayakan evakuasi seluruh WNI dari berbagai kota di Ukraina," tulis Kemlu.

Sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kemenlu Judha Nugraha mengatakan warga negara Indonesia (WNI) akan dievakuasi ke Polandia maupun Rumania dengan melihat perkembangan situasi di lapangan.

“Sudah ada 82 WNI yang sudah berkumpul di KBRI Kiev sebagai titik lokasi untuk evakuasi. WNI yang ada di KBRI Kiev maupun WNI yang masih berada di luar kantor KBRI di Kiev juga dalam kondisi aman dan sehat. Bagi WNI yang ada masih ada di luar KBRI Kiev, kita sudah menyiapkan tim untuk segera menjemput mereka untuk segera bergabung dengan rombongan yang akan meninggalkan Ukraina untuk menuju ke Polandia dan Rumania,” kata Judha Nugraha dalam pengarahan pers di Jakarta, Sabtu (26/2/2022).

Saat ini, lanjut dia, Polandia masih membuka pintu perbatasan untuk pengungsi. Para pengungsi boleh tinggal di Polandia selama 15 hari.

Advertisement

Data terbaru saat ini total WNI yang berada di Ukraina sebanyak 153 orang, yang antara lain di Kiev (82 orang), Odesa (25 orang), Chernihiv (9 orang), Kharkiv (4 orang), Lviv (3 orang).

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kualitas Air Sungai di Jogja Semakin Buruk

Jogja
| Kamis, 29 September 2022, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement