Advertisement

Jangan Keliru! Ini Perbedaan Seragam Satpam Baru dengan Polisi

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 03 Februari 2022 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Jangan Keliru! Ini Perbedaan Seragam Satpam Baru dengan Polisi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Korbinmas Baharkam Polri (Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia) secara resmi mengumumkan warna baru seragam Satpam baru.

Seragam satpam atau satuan pengaman baru diumumkan di upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-41 Satpam pada Rabu (2/2/2022), di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan.

Pengenalan seragam satpam baru ini merupakan bentuk sosialisasi untuk masyarakat. Menurut Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Karo Penmas (Kepala Biro Penerangan Masyarakat) Divisi Humas Polri, masyarakat perlu mengetahui warna baru seragam Satpam, seperti yang dilansir dari situs resmi Humas Polri pada Kamis (3/2).

Sebelumnya, Polri telah menginformasikan rencana untuk mengubah warna seragam Satpam menjadi krem pada pertengahan Januari 2022. Hal ini karena seringkali dimiripkan dengan setelan anggota Polri, sehingga masyarakat sulit membedakan antara Polisi dan Satpam.

“Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam. Untuk membedakan pakaiannya rencananya warna seragamnya lebih muda sedikit dari baju Polri,” kata Ramadhan.

BACA JUGA:Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Ini Imbauan Sultan 

Tampak dari foto dan video yang dibagikan oleh Humas Polri melalui akun media sosialnya, seragam baru Satpam berwarna krem dan berlengan pendek. Akan tetapi, pergantian warna atasan tidak termasuk warna celananya. Jadi, seragam celana satpam tetap berwarna cokelat tua.

seragam satpam baru

Selain itu, pada lengan sebelah kanan terdapat lambang kepolisian di masing-masing wilayah satpam bertugas sedangkan pada lengan sebelah kiri terdapat lambang masing perusahaan tempat Satpam bertugas. Lalu, pada dada bagian kiri tertera tanda pengenal diri, yaitu nama anggota Satpam dan nomor induknya.

Meskipun sudah disosialisasikan ke masyarakat, tetapi pemberlakukan warna seragam baru Satpam masih dalam proses menunggu Perpol (Peraturan Kepolisian) tentang perubahan warna seragam Satpam.

Advertisement

Satpam sebagai profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ditangkap Polda DIY, Anggota DPRD Bantul Berinisial ESJ Kini Mendekam di Tahanan

Sleman
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement