Advertisement

Memprihatinkan! Tingkat Kemanan Digital Indonesia Paling Rendah

Ahmad Thovan Sugandi
Kamis, 20 Januari 2022 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Memprihatinkan! Tingkat Kemanan Digital Indonesia Paling Rendah Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Survei yang dimotori oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menemukan tingkat kemanan digital Indonesia berada di level yang paling tidak memuaskan atau rendah dibandingkan dengan pilar literasi digital lainnya.

Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permai menyebut jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini adalah 202,3 juta orang atau setara dengan 76,8 persen dari total populasi. Angka tersebut menunjukkan masyarakat Indonesia makin intensif dalam mengakses layanan digital.

"Masalahnya adalah, tingkat penggunaan internet dan layanan digital harus dibarengi dengan tingkat literasi digital yang baik," ujarnya dalam peluncuran Survei Status Literasi Digital Indonesia, Kamis (19/1/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Terkait Majapahit, Jokowi Ungkap Filosofi di Balik Nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara 

Expert Panel Katadata Insight Center Mulya Amri menyebut ada 10.000 responden, dipilih dari 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia dalam survei tingkat literasi digital yang dimotori oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan melibatkan Katadata Insight Center.

"Literasi digital yang dimaksud di sini, tersusun atas 4 pilar utama, yaitu kecakapan, etika, kemanan, dan budaya digital," ujarnya.

Amri menjelaskan, survei yang dilalukan pada Oktober 2021 lalu tersebut menemukan, indeks literasi digital Indonesia berapa pada tingkatan 3,49 (nilai maksimal 5). Hasil tersebut diambil dari jumlah rata-rata tingkat literasi digital di semua provinsi.

Menurutnya, angkat tersebut menempatkan literasi digital indonesia di level yang cukup baik. "Sedikit di atas rata-rata, ini mendekati baik," ujarnya.

Pada pengukuran Indeks Literasi Digital 2021 tersebut, nilai pilar kecakapan digital berapa di angkat 3,44, sedangkan nilai etika di dunia digital Indonesia berapa di kisaran nilai indeks 3,53.

Advertisement

Adapun pilar budaya digital memperoleh nilai indeks paling tinggi yaitu 3,90, sedangkan indeks keamanan digital Indonesia menjadi pilar literasi yang paling lemah dengan nilai 3,10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Update Stok Darah PMI DIY Hari Ini 6 Oktober 2022

Jogja
| Kamis, 06 Oktober 2022, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement