Rencanakan Pembangunan Ibu Kota, 5 Anggota DPR ke Kazakstan di Tengah Merebaknya Omicron

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Achmad. - Antara
03 Januari 2022 18:57 WIB Sholahuddin Al Ayyubi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--DPR mengakui lima anggotanya bepergian ke luar negeri di tengah merebaknya Covid-19 varian Omicron dan munculnya imbauan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar warga negara Indonesia tidak ke luar negeri untuk sementara.

Wakil Ketua DPR Dasco Sufmi Ahmad mengatakan bahwa kelima orang tersebut sudah berangkat ke luar negeri bertepatan dengan Tahun Baru 2022 kemarin dan belum kembali ke Indonesia hingga hari ini.

Dia menjelaskan kelima anggota DPR yang identitasnya masih dirahasiakan itu bepergian ke luar negeri bersama sejumlah anggota Bappenas.

Namun demikian, Sufmi menjelaskan kegiatan kelima anggota DPR ke Kazakstan tersebut merupakan agenda pansus terkait perencanaan pembangunan Ibu Kota Negara.

"Jadi dari 56 anggota pansus yang disahkan pada paripurna itu, ada 30 anggota tetap dan 26 anggota pengganti, tapi hanya lima yang berangkat ke luar negeri bersama Bappenas," tuturnya di Gedung DPR, Senin (3/1/2021).

Menurut Dasco, Badan Musyawarah (Bamus) DPR memang sudah menunda semua keberangkatan maupun kunjungan anggota DPR ke luar negeri.

"Kecuali dua hal yaitu undangan yang mewakili di mana parlemen Indonesia harus membawa suatu materi dan tentunya undangan yang tidak dapat diwakilkan atau kunjungan untuk melakukan tugas negara yang penting," katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com