Makan Ayam Goreng KFC saat Natal Jadi Tradisi di Jepang, Ini Penyebabnya..

Foto ilustrasi ayam goreng. - freepik.com.
22 Desember 2021 14:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Antrean panjang di gerai KFC menjadi hal yang biasa di Jepang saat jelang Natal. Di negara ini ternyata makan ayam goreng KFC sudah menjadi tradisi masyarakat saat merayakan Natal.

Penjualan Natal KFC Jepang pada 2019 mencapai rekor 7,1 miliar yen ($ 62,5 juta), menurut Shared Research, tetapi pendapatan turun pada 2020 menjadi 6,9 miliar yen, di tengah penerapan langkah-langkah jarak sosial dan gelombang kasus COVID-19.

Sejak promosi dimulai, perusahaan telah membagikan piring dan patung peringatan pendiri KFC Kolonel Harland Sanders berpakaian sebagai Sinterklas.

Masuknya pasar KFC di Jepang pada awal 1970-an dan dorongan Natalnya tepat waktu untuk pergeseran budaya makan bangsa, kata Eric C. Rath, seorang profesor Universitas Kansas yang meneliti fenomena tersebut. Kebiasaan makan di luar saat Natal di Jepang, menjadi salah satu penyebab munculnya tradisi makan ayam goreng KFC di Jepang.

"Makan di luar menjadi lebih sering dilakukan oleh keluarga dan kaum muda, terutama wanita muda," kata Eric C. Rath sebagaimana dikutip Reuters.

Di Indonesia saat Natal 2016 silam ayam krispi Hot & Cheesy KFC yang kemunculannya bikin heboh. Aam krispi ini dibalut dengan saus keju premium yang menghadirkan kenikmatan yang cheesy dan spicy. Sempat menghilang, kini produk itu kembali dimunculkan lagi sebagai bentuk nostalgia para penggemarnya.

“Sering kali kami menerima permintaan dan tantangan, khususnya di media sosial, untuk kami kembali menghadirkan Hot & Cheesy chicken karena mereka sangat merindukan,” kata Eric Leong, Chief Executive Officer PT Fast Food Indonesia.

Sumber : Antara