Pertama di Dunia, Israel Akan Vaksinasi Covid Dosis 4 pada Warganya

Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara
22 Desember 2021 10:57 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Israel akan mulai menawarkan suntikan vaksin COVID-19 keempat pada orang dengan usia lebih dari 60-an, beberapa kelompok berisiko dan tenaga medis, sejalan dengan rekomendasi dari panel ahli kesehatan.

Perdana Menteri Naftali Bennett menyambut baik rekomendasi tersebut dan memerintahkan para pejabat mempersiapkan kampanye untuk mendistribusikan vaksin, yang berarti Israel kemungkinan akan menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan dosis keempat untuk kelompok tertentu. Demikian dilansir dari Times of India.

Para ahli, badan pemerintah yang disebut Staf Perawatan Pandemi, merekomendasikan agar tenaga medis, orang dewasa di atas usia 60 dan kelompok berisiko lainnya mendapatkan dosis keempat, setelah menunggu setidaknya empat bulan sejak dosis ketiga.

Delapan enam persen ahli dalam kelompok tersebut setuju langkah tersebut.

Keputusan tersebut memerlukan persetujuan akhir dari Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Nachman Ash sebelum berlaku.

"Ini adalah berita luar biasa yang akan membantu kita melewati gelombang Omicron yang melanda dunia," kata Bennett dalam sebuah pernyataan.

Bennett mengatakan suntikan tambahan juga akan diberikan kepada petugas kesehatan.

“Warga Israel adalah yang pertama di dunia yang menerima dosis ketiga vaksin COVID-19, dan kami juga terus merintis dengan dosis keempat,” kata perdana menteri.

Israel sebelumnya memelopori suntikan pendorong ketiga, meluncurkannya untuk kelompok berisiko sebelum memperluas program ke populasi umum beberapa minggu kemudian, sebelum sebagian besar dunia. Lebih dari empat juta orang Israel telah menerima dosis ketiga, dari 9,3 juta orang.

Penelitian tentang dosis vaksin keempat sedang dilakukan di Sheba Medical Center tetapi belum dipublikasikan.

Sheba mengatakan bahwa mereka sedang melakukan studi kelayakan suntikan ke-4 dalam uji coba di antara sekitar 200 sukarelawan, memeriksa efek tingkat antibodi. Rumah sakit mengatakan itu adalah uji coba pertama di dunia dan akan dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Prof. Galia Rahav, yang mengepalai unit penyakit menular Sheba dan berada di panel ahli, mengatakan keputusan untuk merekomendasikan booster tambahan “tidak sederhana” mengingat kurangnya data yang menunjukkan bahwa perlindungan yang ditawarkan oleh suntikan ketiga semakin berkurang. "Tapi diwaktu yang sama. ada angka yang sangat menakutkan dari apa yang terjadi di dunia yang lebih luas,” katanya kepada Radio Angkatan Darat, mengacu pada strain Omicron yang menyebar cepat.

Para ilmuwan belum mengetahui segalanya tentang Omicron, tetapi mereka mengatakan vaksinasi harus menawarkan perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah dan kematian. Angka awal juga menunjukkan strain menjadi lebih menular daripada strain Delta.

Bennett dan Menteri Kesehatan Nitzan Horowitz telah meningkatkan kemungkinan dosis keempat selama berminggu-minggu, tetapi para ahli Kementerian Kesehatan telah menyarankan agar langkah itu tidak dilakukan, termasuk dalam keputusan minggu lalu. Bennett sebelumnya mengatakan dia sedang menunggu "dengan tidak sabar" untuk dosis keempat yang akan disetujui, memprediksi gelombang infeksi baru tak terbendung.

Ancaman Omicron telah mendorong seruan baru bagi warga Israel untuk mendapatkan vaksinasi, termasuk anak-anak, oleh pejabat kesehatan dan pemimpin pemerintah.

Kementerian Kesehatan mengatakan Selasa bahwa 170 kasus baru varian Omicron dari virus corona telah dikonfirmasi di Israel, menggandakan jumlah infeksi.

Ada 341 kasus Omicron terverifikasi di Israel hingga saat ini, kata Kementerian Kesehatan dalam sebuah pernyataan. 807 infeksi lainnya "sangat dicurigai" sebagai kasus Omicron, tetapi sedang menunggu verifikasi.

Anggota parlemen telah memperbarui pembatasan untuk mengekang infeksi dalam beberapa hari terakhir, termasuk larangan perjalanan internasional dan kapasitas tempat kerja publik.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia