Pratikno Sampaikan 4 Arahan Jokowi dalam Penanganan Erupsi Semeru

Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, 2 November 2020 - Youtube Setpres
06 Desember 2021 08:37 WIB Fitri Sartina Dewi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan pesan duka cita mendalam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas bencana erupsi Gunung Semeru yang menelan korban jiwa dan korban luka-luka.

Pesan dari Presiden Jokowi itu disampaikan Pratikno saat memberikan keterangan mewakili Presiden Jokowi terkait bencana erupsi Gunung Semeru.

Pratikno menyatakan bahwa Presiden Jokowi juga telah menerima laporan dan terus memonitor situasi dari waktu ke waktu. Selain itu, terkait penanganan bencana erupsi Gunung Semeru, Presiden telah menyampaikan sejumlah arahan.

Pertama, Presiden Jokowi memerintahkan segenap jajarannya bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam bencana alam erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12).

“Bapak Presiden sudah memerintahkan kepada Kepala BNPB, kepada Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana,” kata Pratikno dalam keterangan pers pada Minggu (5/12/2021) dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Kedua, Presiden Jokowi juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

Ketiga, Presiden meminta petugas di lapangan untuk memberikan arahan kepada masyarakat dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Apalagi Indonesia memang berada di wilayah cincin api atau ring of fire yang rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi semacam ini.

Keempat, Presiden Jokowi meminta kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan waspada.

"Saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini,” ujar Pratikno.

Sumber : bisnis.com