Advertisement

Semeru Meletus: Ada Tiga Gunung Berapi di Level III Siaga!

Rio Sandy Pradana
Minggu, 05 Desember 2021 - 10:27 WIB
Sunartono
Semeru Meletus: Ada Tiga Gunung Berapi di Level III Siaga! Kondisi rumah yang tertimbun abu vulkanik dari guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Dampak guguran awan panas Gunung Semeru mengakibatkan sedikitnya puluhan rumah warga rusak dan diperkirakan belasan warga dinyatakan hilang. ANTARA FOTO/Zabur Karuru - rwa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan terdapat tiga gunung berapi level III atau Siaga usai Gunung Semeru meletus hari ini.

Berdasarkan laman Magma Indonesia, Minggu (5/12/2021), status Gunung Semeru di Malang, Jawa Timur hanya berada pada Level II Waspada.

Namun, Gunung Merapi, Gunung Sinabung, dan Gunung Ili Lewotolok justru berada pada Level III Siaga. Berikut pemerinciannya:

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Gunung Merapi
Aktivitas Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta telah terjadi 144 kali gempa Guguran dengan amplitudo 3-60 mm dan lama gempa 15-185 detik. Selain itu, satu kali gempa Hybrid/Fase Banyak dengan amplitudo 2 mm, S-P 0.3 detik dan lama gempa 7 detik.

Pengamatan visual Gunung Merapi terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur dan barat.

Gunung Sinabung
Aktivitas Gunung Sinabung yang berada di Karo, Sumatera Utara hanya mengalami satu kali gempa Tektonik Lokal dengan amplitudo 5 mm, S-P 3 detik dan lama gempa 16 detik. Lalu enam kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 4-80 mm, S-P 10-39 detik dan lama gempa 15-286 detik.

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis tinggi sekitar 50-200 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah hingga sedang ke arah timur, tenggara dan selatan.

Gunung Ili Lewotolok
Gunung yang terletak di Lembata, Nusa Tenggara Timur mengalami 15 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 8.3-36 mm, dan lama gempa 27-58 detik. Selain itu, 105 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 2.6-30 mm, dan lama gempa 16-103 detik.

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-II. Teramati asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal tinggi sekitar 50-300 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur dan barat.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dugaan Pemerkosaan Anak Difabel, Polisi Tunggu Hasil Visum

Bantul
| Minggu, 25 September 2022, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement