Ini Daftar 10 Hewan yang Masuk dalam Rekor Dunia

Sapi terpendek di dunia - guinness world record
08 November 2021 23:27 WIB Ayyubi Kholid Saifullah News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak hewan yang sangat memukau. Tahun ini Guinness World Records memasukkan banyak spesies yang tergolong paling mengagumkan.

Dilansir dari themysteriousworld.com senin (08/11/2021) berikut 10 hewan unik yang masuk dalam rekor dunia.

1. Domba Paling Berbulu di Dunia

Chris adalah domba Australia yang membuat rekor dunia dengan 41 kilogram wol dibadannya. Orang-orang menemukan domba ini di pinggiran utara ibu kota Australia, Canberra, pada tahun 2015.

Pada saat orang-orang menyelamatkannya, berat wol yang dibawanya membuat Chris hampir tidak mungkin untuk berdiri. Kelangsungan hidupnya sampai saat ini bukanlah keajaiban, tetapi merino ini membutuhkan bantuan.

2. Sapi Tertinggi di Dunia

Guinness World Records penghormatan kepada Blosom, sapi tertinggi yang pernah ada di dunia.

memiliki ketinggian 6'4″. Holstein Betina berada pada ketinggian 74,8 inci yang mengejutkan di atas 6 kaki. Guinness mengumumkan 2.000 pon sapi sebagai pemegang rekor baru pada tahun 2014. Holstein betina ini berusia 13 tahun.

Sayangnya, Blosom memegang gelar "sapi tertinggi yang hidup" selama kurang dari setahun. Guinness juga mengumumkan bahwa dia telah meninggal pada usia tiga belas pada bulan Mei setelah mengalami cedera kaki yang tidak dapat diperbaiki.

3. Telinga Terpanjang pada Anjing

Tigger, anjing pelacak, adalah pemegang rekor dunia baru untuk memiliki telinga terpanjang pada anjing. Lobus panjang anjing ini berukuran 13,75 inci dan 13,5 inci untuk telinga kanan dan kiri. Bryan dan Christina Flessner dari USA memiliki Tigger ini dan memenangkan banyak gelar pertunjukan dan lebih dari 180 penghargaan Best of Breed.

Pada tahun 2003, ia juga dilantik ke dalam 'Hall of Fame' Bloodhound. Tigger meninggal dengan menyedihkan pada Oktober 2009. Tapi Harbour, seekor coonhound hitam dan cokelat, memiliki telinga terpanjang pada seekor anjing yang masih hidup. Pengukuran Harbor pada 8 Juni 2010, adalah 12,25 inci untuk telinga kiri dan 13,5 inci untuk kanan.

4. Anjing tertinggi di dunia

Guinness World Records menyebut Great Dane dari Michigan, anjing hidup tertinggi di dunia pada 2012 dan 2013. Zeus, raksasa lembut seberat 165 pon, meninggal pada 3 September 2014, karena penyebab alami. Zeus meregangkan 7 kaki 5 inci ketika berdiri dengan kaki belakangnya. Dari kakinya hingga layu, Zeus tingginya 3 kaki 8,0 inci ketika diukur pada Oktober 2011.

Kevin Doorlag, pemilik Zeus, mengumumkan bahwa dia telah meninggal setelah menunjukkan gejala usia tua. Pemiliknya mengatakan kepada Guinness bahwa setiap dua minggu, Zeus melahap sekantong makanan seberat 30 pon. Juga, dia meminum air langsung dari keran dapur. Dia selalu membutuhkan van untuk transportasi.

Karena ketinggian Zeus yang mengesankan, dia bisa minum langsung dari keran. Pemegang rekor sebelumnya,  Giant George , lebih pendek dari Zeus, yang berukuran 43 inci dan tinggal di AS. Zeus, serta George dan banyak pemegang rekor sebelumnya, adalah seorang Great Dane. 

5. Kura-Kura Tercepat di Dunia

Kura-kura tidak terkenal karena kecepatannya. Kura-kura biasanya berlari dengan kecepatan 0,63 mil per jam. Tapi, setidaknya ada satu kura-kura yang bisa berjalan dengan cepat.

Guinness Book of World Records mempertahankan rekor kura-kura. Bertie di Adventure Valley, Inggris, mencapai kecepatan ini pada 9 Juli 2014. Kecepatan tertinggi yang dapat dicapai adalah 0,28 m/s (0,92 kaki/s).

Dia dapat menyelesaikan lomba 100m hanya dalam enam menit, yang berarti dua kali lebih cepat dari rata-rata kura-kura.

6. Kucing domestik terpanjang di dunia

Stewie adalah kucing domestik terpanjang di planet ini, menurut Guinness Book of World Records. Selain itu, Stewie berukuran sekitar 48,5 inci pada 28 Agustus 2010. Kematian Stewie terjadi pada 4 Februari 2013, karena kanker di rumahnya di Reno, Nevada, pada usia 8. Robin Hendrickson dan Erik Brandsness adalah pemilik kucing domestik ini.

Ini adalah kucing abu-abu Maine Coon, dan nama lengkapnya adalah Mymains Stewart Gilligan. Guinness World Records menganugerahkan gelar kucing terpanjang yang masih hidup kepada Barivel. Panjangnya 47,2 inci, dan Maine Coon ini berada di Italia.

7. Ular Terpanjang di Dunia

Ular terpanjang di planet ini adalah Medusa. Ini adalah ular sanca batik dan spesies ular dalam keluarga Pythonidae. Juga, Full Moon Productions Inc. di Kansas City, AS, memiliki ular ini. Daftar Merah IUCN mencantumkan mereka sebagai yang paling tidak diperhatikan karena distribusinya yang luas. Di banyak negara, orang memburu ular ini untuk diambil kulitnya.

Makanan utama Medusa terdiri dari kombinasi kelinci, rusa, dan babi yang disajikan setiap dua minggu. Tingkah laku ular sanca bisa liar, juga tak terduga. Tapi Medusa biasanya bisa ditoleransi, kecuali lapar, gelisah, atau terpancing. Ketika kami melewati lingkungan Medusa, kami benar-benar terkejut, tidak hanya dengan ukurannya tetapi juga keindahannya. Ular ini memegang salah satu rekor dunia binatang.

8. Anjing dengan Mata Terbesar

Kebanyakan anjing memulai hidup mereka dengan mata yang besar dan jernih. Guinness Book of World Records menunjukkan gelar anjing dengan mata terbesar untuk Boston Terrier bernama Bruschi. Pemilik pug mungkin mengatakan Bruschi hanyalah pengecualian.

Terrier memiliki mata yang luar biasa. Ia lebih dikenal dengan kawanan dan perburuannya. Bruschi yang berusia empat tahun ini tinggal bersama pemiliknya, Victoria Reed, dan Boston Terrier lainnya, Toby. Selain itu, anjing ini adalah Boston Terrier hitam dan putih. Dia saat ini memegang rekor untuk seekor anjing dengan mata yang sangat besar. Ukurannya sekitar 28mm dengan diameter.

9. Buaya terbesar di dunia

Lolong adalah buaya air asin. Pada tahun 2012, Guinness World Records mengakuinya sebagai buaya besar di penangkaran di dunia. Pemegang rekor sebelumnya adalah buaya air asin jantan,  Cassius , pada 2011.

Cassius kembali memegang rekor Guinness sejak kematian Lolong pada 2013.
Hewan itu berukuran 20 kaki 3 inci panjangnya dan beratnya 2370 lb. Jadi, itu adalah salah satu buaya raksasa yang pernah diukur dari moncong-ke-ekor. Para ahli memperkirakan usianya lebih dari 50 tahun. Dia meninggal karena pneumonia dan serangan jantung pada 10 Februari 2013.

10. Sapi terpendek di dunia

Manikyam adalah sapi terpendek di dunia, menurut Guinness Book of Records. Sapi itu berukuran sekitar 24,07 inci dari kuku hingga layu dan beratnya hanya 40 kg—pemegang rekor Guinness sebelumnya Blaze dari AS, yang tingginya 2 kaki 3,19 inci. Sebuah tim dari Guinness World Records datang ke negara dewa sendiri, Kerala, pada awal tahun 2015.
Mereka mengunjungi Manikyam yang berusia 6 tahun di kampung halamannya.

Dia menjadi selebriti lokal saat itu. Dia tinggal bersama pemiliknya di Atholi di negara bagian Kerala, India selatan. NV Balakrishnan adalah pemiliknya, dan dia adalah seorang petani dan pencinta lingkungan. Selain itu, ini adalah salah satu rekor dunia hewan.

Manikyam adalah jenis langka dari Vechur India asli.' Para ahli percaya susu memiliki kualitas obat dan mudah dicerna karena ukuran globul lemak yang lebih kecil. Vechur Ghee yang dihasilkan dari susu sapi Vechur  terkenal dengan nilai obat yang tinggi dari protein beta-laktalbumin A2 dan kandungan arginin yang lebih tinggi. Ini sempurna untuk memperbaiki kesehatan orang.

Sumber : JIBI/Bisnis.com