Pemuda Diedukasi Budaya Lewat Literasi Digital

Webinar literasi digital di kalangan pemuda. - Ist.
31 Oktober 2021 05:57 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Literasi digital menjadi salah satu cara sesuai sebagai alat sosialisasi edukasi budaya di kalangan anak muda. Mengingat pemuda saat ini lebih banyak yang melek digital di tengah perkembangan teknologi yang pesat.

Salah satu organisasi kepemudaan Taruna Merah Putih Kota Jogja menjadikan momentum peringatan Sumpah Pemuda menggelar sosialisasi dan diskusi daring dengan tajuk edukasi budaya merah putih melalui literasi digital.

Ketua DPC Taruna Merah Putih Kota Jogja Andityas Bima Prasatya organisasinya melakukan kampanye literasi digital saat momentum Sumpah Pemuda dengan menyasar kalangan milenial. Kegiatan itu dikemas melalui webinar secara daring. Lewat pertemuan online itu juga dilakukan diedukasi budaya lewat literasi digital.

BACA JUGA : Tingkatkan Literasi Digital Bersama Kelas Cakap Digital

“Saat ini anak muda lebih melek digital, sehingga kami memanfaatkannya sebagai salah satu media untuk edukasi budaya,” kata dia dalam rilisnya, Sabtu (30/10/2021).

Ia menambhakn edukasi dan literasi digital perlu dilakukan kepada anak muda agar mereka dapat menggunakan teknologi digital dengan benar. Termasuk dalam memanfaatkan dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar dan sesuai dengan kondisi budaya serta tata krama di tengah masyarakat.

“Generasi muda diharapkan menggunakan teknologi digital untuk membuat, menemukan dan mengevaluasi informasi secara bijak, sehat, dan cerdas dan tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku secara hukum maupun di tengah masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA : Hati-Hati! Bukan Pembuat Hoaks tapi Ikut Menyebarkan

Ia mengajak pemuda untuk terlibat aktif dalam sejumlah kegiatan sosial, mulai dari penyaluran bantaun sembako dengan menyasar mahasiswa di indekos hingga vaksinasi bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang berada di DIY. Harapannya kegiatan itu menjadi motivasi tersendiri bagi para pemuda.

“Melalui kegiatan sosial itu diharapkan mereka dapat terjun langsung membantu masyarakat dan menjadi energi positif, motivasi untuk pemuda,” katanya.