Advertisement

Meski Sangat Penting, Isu Lingkungan Belum Jadi Agenda Parpol di Indonesia

Indra Gunawan
Rabu, 27 Oktober 2021 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Meski Sangat Penting, Isu Lingkungan Belum Jadi Agenda Parpol di Indonesia Aktivis Greenpeace Indonesia berunjuk rasa memprotes kebijakan Presiden Donald Trump yang menyatakan Amerika Serikat mundur dari Perjanjian Paris, di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Rabu (7/6). - Antara/Widodo S Jusuf

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Yayasan Indonesia Cerah Adhityani Putri mengatakan krisis lingkungan dan perubahan iklim nelum menjadi agenda partai politik di Indonesia. Menurutnya, isu lingkungan selalu menjadi agenda tersembunyi di dalam diskursus politik Indonesia.

“Jika di dalam agenda-agenda politik, krisis iklim selalu jadi agenda yang tersembunyi di balik lingkungan hidup dan paling bontot dari daftar pertanyaan di setiap panggung politik,”  ujarnya dalam Webinar Persepsi Pemilih Pemula dan Muda (Gen Z dan Milenial) atas Permasalahan Krisis Iklim di Indonesia, Rabu (27/10/2021).

Advertisement

Putri tak menampik bahwa sudah banyak politisi banyak yang fasih bicara krisis lingkungan, namun tidak pernah jadi agenda utama. “Agenda utamanya selalu hal lain, bukan krisis iklim. Padahal krisis iklim mempunyai dampak multidimensional,” jelas Putri.

Dia menjelaskan, temuan survei Indikator Politik yang mengungkapkan mayoritas generasi muda peduli terhadap krisis lingkungan menjadi kabar yang positif. “Selama ini kan mereka, generasi muda kerap disebut generasi rebahan, hanya peduli pada lifestyle, sparkling dan sebagainya,” ungkapnya.

Direktur Indikator Politik Burhanudin Muhtadi mengatakan isu perubahan iklim dan Krisis lingkungan hanya banyak didorong oleh masyarakat sipil dan NGO (Non Govermental Organization). “Sejak Climate Change di Bali 2007 jelas sekali isu ini belum mempengaruhi lanskap elektoral di Indonesia,” ujar Burhanudin.

Diketahui, survei Indikator Politik bersama Yayasan Indonesia Cerah mengungkapkan bahwa mayoritas anak muda sangat khawatir terhadap masalah korupsi dan kerusakan lingkungan.

Ada 64 persen anak muda yang sangat khawatir masalah korupsi, agak khawatir 21 persen, dan sedikit khawatir 8 persen. Sedangkan, sangat khawatir terhadap kerusakan lingkungan 52 persen, agak khawatir 30 persen, dan sedikit khawatir 13 persen.

"Korupsi memang menempati posisi paling tinggi sangat khawatir, tapi isu kerusakan lingkungan itu juga mendapatkan kepedulian perhatian kalangan anak muda yang sangat besar," kata Burhanuddin, Rabu (27/10/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Polres Bantul Sita 30 Kg Bahan Baku Petasan dari Empat Lokasi yang Berbeda

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement