Duh...Capaian Vaksinasi di 22 Provinsi Luar Jawa-Bali di Bawah Standar

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat Bisnis Indonesia Award (BIA) 2021 di Jakarta, Rabu (15/9/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
25 Oktober 2021 22:27 WIB Akbar Evandio News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto menyampaikan terdapat sejumlah wilayah yang meraih capaian vaksinasi di luar Jawa-Bali yang melampaui capaian vaksinasi nasional.

Airlangga memerinci, wilayah tersebut adalah Provinsi Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Sementara, ada 22 provinsi lain yang capaian vaksinasinya masih di bawah rata-rata nasional.

"Bapak Presiden memberi catatan khusus untuk Papua, Aceh, Sumatera Barat, dan Sulawesi Barat untuk terus ditingkatkan, karena mereka adalah salah satu yang terendah di level 24 persen sampai 33 persen," katanya lewat konferensi pers virtual, Senin (25/10/2021).

Dia melanjutkan, untuk vaksinasi dosis kedua di luar Jawa-Bali, peringkat capaian teratas yang melampaui capaian rata-rata nasional diraih oleh Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka-Belitung, Kalimantan Timur, dan Jambi.

Di luar itu, dia menyebutkan sebanyak 23 provinsi masih di bawah rata-rata nasional, yakni di bawah 32,67 persen.

Sementara, untuk level asesmen, kawasan di luar Jawa-Bali tidak mengalami perubahan ketimbang pekan lalu. Di level provinsi, tidak ada satu pun provinsi yang berada pada PPKM Level 4.

Satu provinsi di Level 3 adalah Kalimantan Utara. Di luar itu, ada 23 provinsi berada pada status PPKM Level 2, ada 3 provinsi di Level 1.

Namun di tingkat kabupaten/kota, masih ada 100 kabupaten/kota yang berada pada PPKM Level 4, yakni Kabupaten Bulungan (Kalimantan Utara) dan Kabupaten Tambrauw (Papua Barat).

"Namun yang kita berlakukan masih sama seperti yang lalu, karena periode ini adalah evaluasi dan akan berlaku sampai 8 November. Khusus di luar Jawa, seluruh kegiatan sesuai Inmendagri, seluruhnya maksimal sampai jam 21.00 WIB malam, tidak ada perubahan," kata Airlangga.

Sumber : Bisnis.com