HUT TNI, Jokowi Sebut Perang Lawan Covid-19 Seperti Perang Berlarut-Larut

Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/10 - 2021) / Youtube Setpres.
05 Oktober 2021 11:27 WIB Setyo Aji Harjanto News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Negara mengatakan upaya menghadapi pandemi Covid-19 ibarat sedang melakukan perang yang berlarut-larut.

"Bila diibaratkan seperti perang, melawan virus Covid-19 ini seperti dalam perang yang berlarut-larut," kata Jokowi dalam pidatonya, Selasa (5/10/2021) dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi peperangan melawan Covid-19 sangat menguras tenaga, pikiran, mental, dan semangat juang.

"Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujarnya.

Baca juga: HUT ke-76 TNI Dimeriahkan Atraksi 18 Pesawat Tempur

Menurut Jokowi, peran TNI tak bisa dilepaskan dalam upaya melawan Covid-19. Dia mengatakan TNI selalu menunjukan profesionalsme dalam melakukan penugasan.

Kepala Negara juga meminta para prajurit TNI untuk selalu bersiap menghadapi berbagai ancaman. Menurutnya, ada berbagai ancaman yang harus selalu diwaspadai seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, hingga ancaman bencana alam.

"Kesigapan TNI ini saya minta untuk selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas," ujarnya.

Dalam menghadapi spektrum ancaman semakin luas, Jokowi mendorong agar transformasi pertahanan terus dilanjutkan. Dia juga mendorong adanya modernisasi teknologi militer untuk menyesuaikan perkembangan zaman.

"Sehingga TNI bisa bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dalam lingkungan strategi regional maupun global," ucap Jokowi.

Baca juga: DIY Kejar 100 Persen Vaksinasi Covid-19 Pada November

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT ke-76 TNI. Jokowi ditemani Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat menghadiri upacara tersebut.

Hadir dalam upacara tersebut, Menko Polhukam Mahfud Md, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, hingga KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, Jokowi mengajak semua hadirin dalam upacara untuk mengheningkan cipta.

Setelah mengheningkan cipta perwakilan prajurit pun membacakan Sapta Marga dihadapan Jokowi. Dalam upacara yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden itu, terlihat juga sejumlah alutsista dipamerkan.

Sumber : bisnis.com