Advertisement

Sandiaga: Ekraf Diharapkan Buka Lapangan Kerja

Newswire
Minggu, 19 September 2021 - 14:27 WIB
Sunartono
Sandiaga: Ekraf Diharapkan Buka Lapangan Kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung penguatan sektor ekraf sebagai andalan kota Banyuwangi, Jawa Timur, selain potensi pariwisata yang dinilai telah menjadi primadona. Seperti diketahui, potensi pariwisata di Banyuwangi disebut sudah banyak dikenal, antara lain Kawah Ijen, Djawatan, dan Pulau Merah.

Sandiaga juga memuji kota Banyuwangi sebagai inspirasi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif bagi daerah-daerah lain. Oleh karena itu, dia berharap daerah dapat meningkatkan inovasi dari kewirausahaan dan menyentuh wawasan global dengan tetap mempertahankan kearifan lokal dengan program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia

Advertisement

"Kami harap produk ekraf [ekonomi kreatif] Banyuwangi dapat menjadi bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia serta dapat membuka lapangan kerja seluas luasnya, karena 97 persen lapangan kerja berasal dari UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah),” kata Sandiaga dalam siaran pers, dikutip Antara, Sabtu (18/9/2021).

Sektor ekonomi kreatif merupakan sumber pembangunan inklusif yang mampu mendukung dan memperkuat identitas budaya, ekosistem kreatif, dan inovatif untuk menciptakan produk kreatif baru.

Sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), ujarnya, Banyuwangi dianggap sebagai aset penting bagi pengembangan kepariwisataan dan ekraf.

Sandiaga juga menyerahkan sertifikat bagi penerima Bantuan Insentif Pemerintah Jaring Pengaman Usaha (BIP JPU) tahun 2021 ke lima orang pelaku parekraf di Banyuwangi.

"BIP JPU ini semoga dapat bermanfaat bagi para pelaku ekraf, tahun ini harapannya kita tingkatkan dan perlu agar dapat membangkitkan semangat dan optimisme membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 27 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement