BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah

Hujan lebat disertai petir melanda kawasan kampung nelayan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (27/12/2018). - ANTARA/Dedhez Anggara
23 Agustus 2021 08:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, pada Senin (23/8/2021).

Baerdasarkan informasi yang dikutip dari laman BMKG, Senin (23/8/2021) di Jakarta, disebutkan bahwa peringatan dini itu untuk Provinsi Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatera Selatan, Sumatra Utara.

Dikemukakan BMKG, bahwa daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang di perairan Barat Bengkulu, Kalimantan bagian utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat, di Maluku, dari Papua Barat hingga Maluku Utara dan di Papua bagian tengah.

"Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," sebut BMKG.

Di samping itu, BMKG juga memperingatkan potensi kebakaran lahan di wilayah Nusa Tenggara Timur.

 

Sumber : Antara