Advertisement

Covid-19 Bakal Jadi Endemi? Begini Penjelasan Satgas

Aprianus Doni Tolok
Kamis, 19 Agustus 2021 - 22:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Covid-19 Bakal Jadi Endemi? Begini Penjelasan Satgas Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan terkait prediksi yang menyebut bahwa Covid-19 akan menjadi endemi di masa mendatang.

Berdasarkan survei Majalah Nature di 2021, 89 persen ilmuwan menganggap SARS-CoV-2 atau virus yang menyebabkan Covid-19 akan menjadi endemi.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa virus SARS-CoV-2 alias Covid-19 akan tetap ada.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Endemi dapat digambarkan sebagai situasi dimana kasus terkendali, namun bukan berarti virusnya hilang sepenuhnya,” kata Wiku dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Setpres, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Warga Difabel di Bantul Mulai Disuntik Vaksin Sinopharm

Kondisi pandemi bisa bertransisi menjadi endemi, sambung Wiku, adalah jika kekebalan masyarakat meningkat terhadap virus seiring dengan akselerasi vaksinasi maupun infeksi alamiah.

Menurutnya, dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan vaksinasi yang masif, pemerintah berharap kondisi endemi bisa tercapai secepatnya.

Untuk itu, Wiku mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif bersama pemerintah dalam upaya pengendalian Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Update Stok Darah di DIY 30 September 2022

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement