Advertisement

Penipu Mengaku Bagian dari KPK Berkeliaran

Setyo Aji Harjanto
Kamis, 29 Juli 2021 - 15:37 WIB
Budi Cahyana
Penipu Mengaku Bagian dari KPK Berkeliaran Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri/Antara - HO/Humas KPK

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapati informasi soal penipuan yang mencatut nama lembaga antirasuah diĀ  Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan dari informasi yang diterima, para terduga penipu itu mengatasnamakan diri sebagai Satgas Pungli Lembaga Aliansi Indonesia dan mengklaim berafiliasi dengan KPK.

Advertisement

"Komisi Pemberantasan Korupsi menerima informasi tentang adanya pihak yang mengaku berafiliasi dan bekerja sama dengan KPK dengan mengatasnamakan Satgas Pungli dari Lembaga Aliansi Indonesia," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (29/7/2021).

Tidak menutup kemungkinan aksi penipuan mengatasnamakan KPK, bisa juga bisa terjadi di daerah lain.

Untuk itu, Ali meminta masyarakat agar lebih waspada terhadap apapun modus penipuan, apalagi dengan mencatut nama lembaga KPK. Pihak lembaga antirasuah memastikan tidak pernah memungut atau meminta uang kepada siapapun dan dalam bentuk apapun.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan pihak yang mengaku bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dan mencantumkan logo KPK pada atribut atau produknya. Banyak juga lembaga yang memiliki nama mirip dengan KPK, kami pastikan lembaga tersebut tidak memiliki hubungan kerjasama dengan KPK RI," katanya.

Ali berharap apabila masyarakat melihat ataupun mengalami aksi penipuan yang mencatut nama KPK dapat melapor. Masyarakat dapat melapor langsung ke KPK maupun aparat penegak hukum setempat.

"KPK mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan bila mendapatkan informasi sejenis, dapat mengkonfirmasi melalui call center 198 atau e-mail [email protected] dan [email protected]," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement