5 Makanan dan Minuman Ini Tinggi Kalsium, tapi Bukan Susu

Susu Almond
29 Juli 2021 13:07 WIB Janlika Putri Indah Sari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Kalsium adalah mineral yang penting untuk dikonsumsi setiap hari karena membantu menopang tulang dan memungkinkan tubuh menyerap nutrisi penting seperti vitamin D.

Tubuh tidak memproduksi mineral ini sendiri, jadi penting untuk mengonsumsi kadar kalsium yang cukup.

Di masa pandemi ini, kebutuhan kalsium sangat penting karena disebutkan bisa mencegah paparan covid-19.

Biasanya, produk susu identik sebagai bintang asupan kalsium bagi tubuh.

Namun, ada banyak pilihan makanan lain yang bahkan mengandung lebih banyak kalsium daripada susu sapi.
Dilansir dari eatthis, Kamis (29/7/2021)

Satu gelas 8 ons susu atau 1% mengandung sekitar 305 miligram mineral per USDA.

Sebagai referensi, kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 1.000 miligram mineral setiap hari. Oleh karena itu kalsium dari segelas susu masih kurang bagi kebutuhan orang dewasa.

Di bawah ini, makanan dan minuman yang memiliki lebih banyak kalsium daripada segelas susu.

1. Tahu

Sebongkah tahu dengan kalsium sulfat mengandung 434 miligram kalsium. Itu artinya kalsiumnya 100 miligram lebih banyak daripada yang ditemukan dalam segelas susu sapi.

2. Bayam

Semangkuk bayam matang mengandung 250 miligram kalsium, jadi jika Anda makan 1/4 mangkuk lagi, Anda akan mengonsumsi lebih banyak mineral daripada yang Anda terima dalam satu gelas susu.

3. Susu almond

Almond sendiri adalah sumber kalsium yang baik, mengemas sekitar 75 miligram per ons. Satu gelas dari 8 ons susu almond asli sutra menawarkan 450 miligram kalsium.

4. Sarden (dengan tulang di dalamnya)

Sarden mungkin bukan camilan yang paling menarik, kecuali jika Anda menyukai makanan laut. Namun, satu kaleng sarden 3 ons dengan tulang mengandung sekitar 325 miligram kalsium.

5. Jus jeruk

Satu cangkir jus jeruk mengandung kalsium dan vitamin D. Jus jeruk tanpa ampas mengandung 350 miligram kalsium, yaitu sekitar 25% dari asupan makanan yang direkomendasikan. Belum lagi, dari minuman ini Anda mendapatkan 100% kebutuhan vitamin C harian Anda. Dan susu sapi tidak akan pernah bisa.

Sumber : bisnis.com