Advertisement

PPKM Level 4 Diperpanjang: Begini Aturan Detail Restoran dan Tempat Makan

Rika Anggraeni
Senin, 26 Juli 2021 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
PPKM Level 4 Diperpanjang: Begini Aturan Detail Restoran dan Tempat Makan Pengunjung berjalan di area pusat perbelanjaan Boxies123 Mall, Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/6/2021). - ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021. Berikut aturan operasional restoran dan tempat makan.

Perpanjangan PPKM Level 4 disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

“Dengan mempertimbangkan aspek Kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial. Saya memutuskan utnuk melanjtkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggl 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021,” kata Presiden Jokowi, Minggu (25/7/2021).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Meski demikian, pemerintah akan melakukan beberapa penyesuaian terkait kegiatan dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang lebih hati-hati.

Dengan diperpanjangnya PPKM, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) tentang PPKM Level 4 dan Level 3 Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri tertulis pelaksanaan kegiatan makan minum di tempat umum, seperti warung makan, pedagang kaki lima, dan lapak jajanan diizinkan dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat.

“Maksimal pengunjung makan di tempat 3 orang dan waktu makan maksimal 20 menit,” tulis peraturan dalam Inmendagri.

Berikutnya, restoran atau rumah makan dan kafe tertutup baik lokasi tersendiri maupun di pusat perbelanjaan hanya menerima delivery atau take away dan tidak menerima makan di tempat (dine in).

Berbeda dengan pusat perbelanjaan, mal, dan pusat perdagangan yang ditutup sementara. Namun, dikecualikan akses untuk pegawai toko yang melayani penjualan online dengan maksimal 3 orang setiap toko, restoran, supermarket, dan pasar swalayan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Capaian Vaksin Lengkap PMK Sleman Baru Sekitar 16 Persen

Sleman
| Sabtu, 24 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement