Advertisement

Mahfud Imbau Umat Islam Salat Iduladha di Rumah

Rayful Mudassir
Senin, 19 Juli 2021 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Mahfud Imbau Umat Islam Salat Iduladha di Rumah Menko Polhukam Mahfud MD menjadi pembicara kunci saat seminar nasional untuk memperingati HUT Ke-6 Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Seminar tersebut membahas tema Pengelolaan Perbatasan Laut Republik Indonesia. ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat Iduladha di rumah masing-masing. Selain itu, dia meminta agar pemotongan hewan kurban tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Mari kita rayakan sesuai situasi dan kondisi, yaitu situasi Covid-19, oleh sebab itu kita tidak melakukan kerumunan. Sebaiknya salat dilakukan di rumah masing-masing sesuai dengan yang difatwakan Lembaga keagamaan. Penyembelihan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan agar menjaga diri kita dan diri orang lain,” kata Mahfud melalui siaran video, Senin (19/7/2021).

Advertisement

Imbauan ini dikeluarkan Menko Polhukam sebagai koordinator penerapan disiplin dan penegakan hukum penanganan pandemi virus Corona. Kebijakan ini juga diatur dalam Inpres No 6/2020 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan Covid-19.

Selain itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Minggu (18/7) telah bertemu MUI dan sejumlah ormas Islam dan sepakat pelaksanaan salat Iduladha dilaksanakan di rumah, takbiran digelar secara virtual dan penyembelihan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan.

“Ritual menyembelih korban ada aspek spiritual dalam rangka taqorrub, mendekat kepada Allah. Karena itu kalau kondisi membatasi kita berkerumun, mari kita taqorrub, berkorban untuk mendekat kepada Allah, agar diberi bimbingan, diberi kesehatan, dan dihindari dari Covid,” ujar Wapres.

Menko Polhukam juga telah bertemu dengan sejumlah tokoh agama secara daring, dalam pertemuan itu Menko mengajak lembaga-lembaga keagamaan dan tokoh agama berperan aktif bersama pemerintah dalam menangani pandemi.

Menurutnya ulama dan tokoh agama memiliki peran penting dalam kampanye melawan pandemi.

"Selamat menyongsong hari raya Idulkurban," ujar Mahfud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement