Advertisement

Jokowi Ungkap Jenis Vaksin Terbaik untuk Melawan Covid-19

Nancy Junita
Senin, 19 Juli 2021 - 14:37 WIB
Sunartono
Jokowi Ungkap Jenis Vaksin Terbaik untuk Melawan Covid-19 Siswa SMP mengikuti vaksinasi Covid-19 di halaman parkir Gembira Loka Zoo, Umbulharjo, Yogyakarta, Selasa (13/7/2021). Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar vaksinasi Covid-19 untuk anak berumur 12-18 tahun dengan melakukan pendaftaran melalui aplikasi Jogja Smart Service. ANTARA FOTO - Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Saat ini beredar sejumlah vaksin Covid-19 yang digunakan untuk memerangi wabah Virus Corona di berbagai negara.

Di Indonesia, program vaksinasi dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalur pemerintah tanpa dikenakan biaya alias gratis. Vaksin yang digunakan pada program ini adalah: Sinovac, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer.

Advertisement

BACA JUGA : Dilaunching Jokowi, Vaksinasi Anak di Gunungkidul Ternyata Hanya Seremoni

Kemudian, Program Vaksin Gotong Royong yang dilaksanakan perusahan atau badan usaha.

Pada program ini, pemilik usaha membeli vaksin Covid-19 dari pemerintah kemudian disuntikkan kepada karyawan dan anggota keluarganya. Meski, belum seluruh perusahaan melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong.

Adapun, jenis vaksin Covid-19 yang digunakan pada Vaksinasi Gotong Royong adalah Sinopharm dan CanSino. Keduanya berasal dari China, dan menggunakan Virus Corona yang sudah tidak aktif.

Di tengah munculnya varian baru Virus Corona sebagai hasil dari mutasi, efektifitas beberapa vaksin berkurang dalam memerangi varian baru seperti Delta. Saat ini, varian Delta menyebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

BACA JUGA : Mahfud Jelaskan Asal Ide Vaksin Berbayar yang Sekarang Sudah Dibatalkan Jokowi 

Di Indonesia, hingga kini, sebagian besar vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Padahal, berdasarkan hasil penelitian yang sudah terbit beberapa vaksin yang efektif melawan Varian Delta adalah: AstraZenenca, Moderna, Pfizer, dan Bharat Biotech.

Sementara, hingga kini—mengutip keterangan dokter Adam Prabata-- belum ada data ilmiah efektivitas Sinopharm dan Sinovac terhadap varian Delta.

Seperti diketahui, warga yang sudah divaksinasi menggunakan Sinovac masih berisiko terinfeksi Virus Corona.

Lalu, vaksin apa yang terbaik untuk menghadapi Covid-19?

Meurut Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang dikutip dari akun Instagram @jokowi, Senin (19/7/2021), vaksin terbaik adalah vaksin yang sudah tersedia dan paling cepat didapatkan.

“Mari segera dapatkan vaksinasi seraya tetap mematuhi protokol kesehatan. Hanya dengan itulah, kita bersama-sama dapat mengakhiri pandemi ini,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement