Vaksinasi Bisa Dilayani di Bandara, Stasiun dan Pelabuhan, Ini Daftarnya

Bandara Ahmad Yani Semarang. - Bisnis.com
08 Juli 2021 17:37 WIB Rahmi Yati News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah yang dilakukan para operator transportasi yang menyediakan fasilitas vaksinasi di simpul-simpul transportasi seperti, di bandara, stasiun, dan pelabuhan, di masa PPKM Darurat 3-20 Juli 2021.

Pasalnya, dengan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 No.14/2021 dan empat SE Kemenhub pada moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api, salah satu syarat perjalanan transportasi adalah wajib memiliki dokumen sertifikat vaksin Covid-19 dosis pertama, di samping hasil negatif PCR dan/atau Rapid Antigen.

BACA JUGA : Pelaku Perjalanan Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin Covid

“Dengan disediakannya tempat vaksinasi di simpul transportasi, masyarakat yang mendesak harus melakukan perjalanan dan belum melakukan vaksin, dapat difasilitasi dengan baik. Oleh karena itu, saya mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan oleh para operator dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di tengah penerapan PPKM Darurat ini,” katanya dalam siaran pers, Kamis (8/7/2021).

Kendati begitu, dia terus mengimbau kepada masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak agar tidak melakukan perjalanan di masa PPKM Darurat dalam rangka menurunkan angka kasus harian Covid-19 di Indonesia.

Adapun dia memerinci, terdapat sejumlah operator transportasi yang menyediakan fasilitas vaksinasi di simpul-simpul transportasi yakni di bandara, stasiun, dan pelabuhan.

Di bandara, Angkasa Pura I menyediakan vaksinasi di 15 bandara yaitu Bandara Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar, I Gusti Ngurah Rai Bali, Jenderal Ahmad Yani Semarang, Sam Ratulangi Manado, Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo, Adisutjipto Yogyakarta, Adi Soemarmo Solo, Lombok Praya, El Tari Kupang, Sentani Jayapura, Frans Kaisiepo Biak, Syamsudin Noor Banjarmasin, Pattimura Ambon, dan SAMS Sepinggan Balikpapan.

BACA JUGA : PPKM Darurat, Cek Syarat Perjalanan di Luar Jawa dan Bali 

Sementara itu, Angkasa Pura II menyediakan vaksinasi di 16 bandara yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Halim Perdanakusuma Jakarta, Husein Sastranegara Bandung, Banyuwangi, Ngurah Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, HAS Hanandjoeddin Belitung, Fatmawati Soekarno Bengkulu, Sultan Thaha Jambi, Sultan Iskandar Muda Aceh, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Kuanalamu Deli Serdang, Radin Inten II Lampung, Depati Amir Pangkalpinang, Minangkabau Padang, Supadio Pontinak, dan Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang.

Di stasiun, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyediakan vaksinasi di 13 stasiun yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Jember, dan Malang, Surabaya Gubeng, dsn Surabaya Pasar Turi.

Untuk di pelabuhan, PT Pelni menyediakan vaksinasi di 4 pelabuhan yaitu Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Emas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, dan Benoa Bali.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia