Advertisement

Pandemi, Muhammadiyah Minta Umat Muslim Utamakan Sedekah daripada Kurban Hewan

Edi Suwiknyo
Senin, 05 Juli 2021 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Pandemi, Muhammadiyah Minta Umat Muslim Utamakan Sedekah daripada Kurban Hewan Ilustrasi sapi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerbitkan Edaran No.05/EDR/I.0/E/2021 tentang Panduan Persiapan Idul Adha 1442 Hijriah pada masa pandemi. Muhammadiyah sarankan umat Islam untuk memberikan sedekah berupa uang daripada menyembelih hewan kurban.

Pimpinan salah satu ormas Islam terbesar itu beralasan sedekah berupa uang akan lebih berguna, apalagi pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak sosial ekonomi dan meningkatkan kaum duafa.

Advertisement

BACA JUGA: PPKM Darurat: Sejumlah Ruas Jalan Kota Jogja Ditutup, Termasuk Menuju ke Malioboro

"Menyarankan kepada umat Islam untuk mengutamakan bersedekah berupa uang daripada menyembelih hewan kurban," demikian pernyataan resmi dalam akun resmi Muhammadiyah, dikutip pada Senin (5/7/2021).

Selain hal itu, substansi edaran PP Muhammadiyah juga mencakup enam persoalan lainnya. Pertama, takbir keliling tidak disarankan dan sebaiknya dilakukan di rumah. Kedua, salat Idul Adha di masjid dan tempat umum sebaiknya ditiadakan.

Ketiga, Muhammadiyah menyarankan umat untuk salat Idul Adha di rumah. Keempat, penegasan mengenai hukum ibadah kurban yakni sunah muakkadah bagi muslim yang mampu. Kelima, bagi yang mampu bisa berkurban dan memberikan sedekah ke orang yang tak mampu.

Keenam, membantu kurban dan duafa keduanya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun berdasarkan beberapa dalil memberi yang memberikan kemanfaatannya lebih besar bagi kemaslahatan umat lebih diutamakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pegagan Berpotensi Memperbaiki Daya Ingat, Guru Besar UGM: Meningkatkan Dopamin

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement