Advertisement

Pantau Perkembangan Polemik Vaksin Nusantara, Kemenkes: Kami Pelajari

JIBI
Jum'at, 18 Juni 2021 - 06:37 WIB
Sunartono
Pantau Perkembangan Polemik Vaksin Nusantara, Kemenkes: Kami Pelajari Juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi. (FOTO ANTARA - Muhammad Zulfikar)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan terus memantau perkembangan mengenai vaksin Nusantara yang kembali menjadi perhatian publik.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan kementeriannya sedang mempelajari perkembangan vaksin Nusantara. “Kami pelajari dulu,” katanya, Kamis (17/6/2021).

Advertisement

Vaksin besutan mantan Menteri Kesehatan Terawan ini kembali mendapatkan dukungan politik di DPR. Dalam rapat dengar pendapat umum antara Komisi Riset dan Teknologi bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional, Lembaga Molekuler Biologi Eijkman, dan Terawan pada Rabu, 16 Juni lalu, sejumlah anggota Dewan meminta vaksin tersebut dapat terus dikembangkan.

BACA JUGA : Vaksin Nusantara Jadi Perbincangan, Terawan: Bingung

Anggota Dewan juga meminta agar vaksin Nusantara dapat diberikan izin uji klinis fase ketiga atau uji terakhir sebelum bisa diedarkan.

DPR juga akan kembali mengundang sejumlah lembaga untuk mendengarkan penjelasan mengenai vaksin Merah Putih dan vaksin Nusantara.

Anggota Komisi Riset dan Teknologi Ridwan Hisjam mengatakan DPR akan memanggil Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementerian Keuangan terkait usulan tersebut.

“Kami agendakan pekan depan, dan ini hasil keputusan rapat,” ujarnya.

Ridwan menjelaskan dalam pertemuan itu, setiap lembaga akan ditanyakan mengenai perkembangan vaksin Gotong Royong dan vaksin Nusantara.

BACA JUGA : Tidak Ingin Diperdebatkan, Terawan: Saya Sudah Rasakan

Untuk Kementerian Kesehatan, kata dia, akan ditanya mengenai perkembangan vaksinasi serta dukungan buatan vaksin dalam negeri. Sebaliknya, BPOM akan ditanyai mengenai alasan yang menolak riset vaksin Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement