Jokowi Berharap Bandara Soedirman Berkontribusi pada Pertumbuhan Ekonomi Jateng Selatan

Presiden Jokowi bertolak ke Jateng dalam rangka kunjungan kerja, Jumat (11/06/2021) pagi - (Foto: BPMI Setpres - Lukas)
11 Juni 2021 10:27 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021), guna meninjau langsung progres pembangunan bandara tersebut.

Jokowi mengatakan bahwa bandara ini bisa memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi tidak hanya di Kabupaten Purbalingga tapi juga daerah di sekitarnya seperti Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, hingga Wonosobo.

“Kita harapkan mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik akan menjadi lebih baik sehingga akhirnya memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bagian selatan ini,” kata Jokowi dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Sri Mulyani Irit Bicara Soal Isi RUU KUP dan PPN Sembako

Lebih lanjut, Kepala Negara mengapresiasi langkah pengoperasian bandara ini kendati terminalnya belum rampung dibangun.

Pada pekan lalu, kata Jokowi, mulai dilakukan penerbangan dengan rute Jakarta - Purbalingga dan Purbalingga - Surabaya oleh maskapai Citilink dengan okupansi mencapai lebih dari 70 persen.

“Ini bagus, saya senang meskipun terminalnya masih terminal darurat, belum selesai tapi airport-nya sudah dipakai. Saya kira ini lebih produktif seperti itu daripada kita harus menunggu terminalnya selesai baru dilakukan penerbangan,” ungkap Jokowi.

Baca juga: Jokowi Telepon Kapolri soal Pungli di Koja, 24 Orang Ditangkap

Seperti diberitakan sebelumnya, Jumat (4/6/2021) Direktur Utama Citilink Juliandra mengatakan Citilink menjadi maskapai pertama yang melakukan penerbangan komersial di Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Penerbangan rute Surabaya – Purbalingga dan Purbalingga – Jakarta (Halim Perdanakusuma) selanjutnya dilayani dua kali dalam seminggu, yakni pada hari Kamis dan Sabtu menggunakan ATR 72-600.

“Dibukanya rute baru ini diharapkan dapat mempermudah mobilitas tidak hanya untuk masyarakat Purbalingga, tetapi juga untuk masyarakat sekitarnya seperti Banyumas, Banjarnegara, dan Purwokerto untuk melakukan perjalanan dari dan menuju Jakarta maupun Surabaya yang saat ini belum memiliki akses transportasi udara,” ujarnya, Kamis (3/6/2021).

Sumber : Bisnis.com