38 Umat Buddha Ikut Upassata Manggala Krida di Candi Borobudur

Umat Buddha melaksanakan ibadah di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, bertepatan dengan Hari Raya Waisak, Rabu (26/5/2021). - Istimewa/dok Polres Magelang
26 Mei 2021 23:27 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG – Sebanyak 38 umat Buddha melaksanakan Upassata Manggala Krida yang digelar di Lapangan Kenari Zona 1 Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Rabu (26/5/2021). Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2565 BE.

Mereka adalah umat Buddha Kabupaten Magelang yang  melaksanakan doa rutin sebanyak 30 orang serta ada delapan orang dari tamu Hotel Amanjiwo, Borobudur.

Kabagops Polres Magelang Kompol Maryadi menjelaskan kegiatan yang dilakukan umat Budha di Candi Borobudur tersebut merupakan doa rutin, bukan perayaan Tri Suci Waisak. "Namun karena bertepatan dengan hari raya Waisak, maka disiapkan pengamanan dan bersama tim kesehatan Polri," katanya, seusai Apel Kesiapan Pengamanan di Kantor TWCB, Rabu.

Ia menyebutkan Polres Magelang Polda Jawa Tengah melaksanakan pengamanan kegiatan ibadah Upassata Manggala Krida 2565 BE. Sebelum melaksanakan kegiatan didahului dengan apel kesiapan pengamanan. 

“Petugas pengamanan dari Polri sebanyak 39 personel ditambah 15 anggota TNI, jadi total 54 personel,” tambah Kompol Maryadi.

Selain disiapkan pengamanan, kegiatan juga didahului dengan sterilisasi oleh petugas kesehatan Polri dan dilaksanakan tes swab antigen. 

“Sebanyak 50 orang menjalani tes swab antigen dan semua hasil tes negatif," terangnya.