Setelah Jamur Hitam, Kini Jamur Putih Juga Jadi Ancaman Pasien Covid-19

Ilustrasi - Antara
22 Mei 2021 15:17 WIB Janlika Putri Indah Sari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Di tengah meningkatnya kasus Covid-19, muncul  infeksi lain yang dikenal sebagai Mucormycosis atau jamur hitam yang memperburuk kesehatan.

Infeksi jamur itu dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kematian.

Melansir pinkvilla, Sabtu (22/5/2021), infeksi jamur putih dapat mempengaruhi paru dan bagian tubuh lainnya secara akut termasuk kuku, kulit, perut, ginjal, otak dan mulut.

BACA JUGA : India Temukan Infeksi Jamur Hitam Mematikan pada Pasien

Infeksi tersebut menjadi ancaman bagi pasien yang memiliki imunitas rendah. Pasien diabetes atau pengguna steroid juga rentan tertular infeksi.

Jamur putih juga menginfeksi anak-anak dan wanita dan menurut dokter, infeksi ini adalah penyebab utama keputihan.

Oleh karena, pasien Covid-19 lebih rentan terhadap infeksi,  maka sistem kekebalan mereka menjadi lemah. Selain itu, penyintas yang mendapat dukungan oksigen lebih rentan terhadap infeksi, karena jamur putih secara langsung mempengaruhi paru pasien.

Banyak obat yang digunakan untuk pasien Covid-19  unttuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan biasanya melindungi individu dari infeksi jamur.

BACA JUGA : Sehari, 10 Warga DIY Meninggal Dunia karena Infeksi Covid 

Adapun, jamur hitam menyebabkan hidung menghitam atau berubah warna. Ini juga dapat menyebabkan penglihatan kabur atau ganda, nyeri dada, kesulitan bernapas dan batuk darah.

Namun, gejala jamur putih mirip dengan Covid-19. Jenis infeksi ini mempengaruhi paru,  bagian tubuh lainnya termasuk kuku, kulit, perut, ginjal, otak, bagian pribadi dan mulut.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia