Advertisement

Gempa 7,2 Magnitudo Bikin Warga Nias Barat Panik

Nyoman Ary Wahyudi
Jum'at, 14 Mei 2021 - 16:09 WIB
Sugeng Pranyoto
Gempa 7,2 Magnitudo Bikin Warga Nias Barat Panik Ilustrasi seismograf. Alat ini merupakat perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Warga di Kabupaten Nias Barat Sumatra Utara panik saat terjadi gempa bumi berkekuatan 7,2 magnitudo pada, Jumat (14/5/2021) pukul 13.33 WIB.

Menurut keterangan Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat Hiramo, guncangan gempa bumi sempat membuat masyarakat panik dan keluar rumah.

Advertisement

“Masyarakat panik dan keluar rumah,” kata Hiramo melalui keterangan tertulis.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Nias Barat saat ini sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait.

Berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi tersebut berada pada 0.10 LU dan 96.53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer (km).

Adapun apabila ditarik garis lurus, maka jarak pusat gempa tersebut berada pada 141 km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias Selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan dan 1.339 km Barat Laut Jakarta.

Lebih lanjut, menurut BMKG gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. "Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG di laman resminya.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerugian materi akibat peristiwa alam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Bahas Rencana Berikan Insentif Ternak Mati karena Antraks

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement