Gibran Beri Uang Fitrah untuk Beli Permen

Gibran Rakabuming Raka - Antara/Aprilio Akbar
14 Mei 2021 06:20 WIB Kurniawan News Share :

Harianjogja,com, SOLO-Anak-anak yang mengikuti Salat Idulfitri 2021 di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (13/5/2021), mendapatkan “fitrah” atau uang dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Uang itu diserahkan Gibran saat berkeliling mengucapkan selamat Idul Fitri dan memohon maaf atas segala kesalahan, seusai salat. Setiap mendapati ada anak kecil Gibran langsung mengambil fitrah yang sudah disiapkannya di dalam amplop putih.

Seusai menunaikan Salat Idulfitri, Gibran didampingi Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, berkeliling menemui setiap jemaah salat. Momentum itu dia gunakan untuk menyampaikan selamat Lebaran dan meminta maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan selama ini.

Sejumlah anak yang mendapat fitrah dari Gibran yaitu putra dari Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Solo, Herwin Nugroho. Pagi itu Herwin mengajak tiga anaknya mengikuti Salat Idulfitri di Pendapi Gede. “Anak saya tiga, semuanya dapat [uang fitrah] tadi,” katanya.

Namun Herwin mengaku tidak tahu berapa isi uang fitrah yang diberikan Gibran kepada setiap anaknya. Dia beralasan anaknya tidak membuka amplop fitrah di depannya. “Ha ha, anak-anak tidak laporan saya. Enggak ngomong,” kata dia ketika ditanya berapa isi amplop itu.

Selain tiga anak Herwin, Gibran juga memberikan uang fitrah kepada dua putra Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, yang sudah menginjak remaja. Ketika mendapati ada anak-anak, Gibran langsung memberikan kode kepada ajudannya untuk menyiapkan fitrah.

Selanjutnya Gibran sendiri yang memberikan fitrah itu kepada anak-anak. Gibran mengatakan uang fitrah tersebut untuk membeli permen. “Ini untuk beli permen,” kata dia sembari tersenyum dijawab ucapan terima kasih penerima.

Pada kesempatan pertama merasakan momentum Idulfitri sebagai Wali Kota Solo, Gibran menunaikan salat bersama pejabat Forkompinda dan pejabat Pemkot Solo di Balai Kota Solo. Pelaksanaan salat tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Gibran datang hanya bersama istrinya, Selvi Ananda. Sedangkan dua anaknya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, tidak ikut. Ketika ditanya kenapa dua anaknya tidak diajak serta Salat Idulfitri di Balai Kota, Gibran menyatakan belum boleh karena pandemi Covid-19.

Sumber : JIBI/Solopos