Advertisement

Heboh Bipang, Fadli Zon Sarankan Penulis Pidato Jokowi Minta Maaf

Fitri Sartina Dewi
Sabtu, 08 Mei 2021 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Heboh Bipang, Fadli Zon Sarankan Penulis Pidato Jokowi Minta Maaf Fadli Zon - Tangkapan layar Youtube Fadli Zon Official

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Fadli Zon mengomentari viralnya video pidato Jokowi yang mempromosikan makanan daerah khas Kalimantan Barat yaitu bipang ambawang.

Fadli mengatakan penulis pidato Presiden Jokowi sebaiknya meminta maaf jika terbukti keliru mempromosikan makanan untuk Lebaran.

"Kalau Bipang Ambawang artinya “babi panggang”, sebaiknya minta maaf saja karena yang nulis konsep pidato pak @jokowi keliru mempromosikan makanan untuk Lebaran. Ini lebih baik ketimbang ngeles mengaburkan bipang dan jipang dari beras. Bilang saja maksud beliau adalah jipang bukan bipang," cuit Fadli Zon melalui akun Twitternya, Sabtu (8/5/2021).

Hal itu disampaikan Fadli Zon untuk menanggapi cuitan Jubir Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman yang mengklarifikasi pernyataan Presiden Jokowi soal bipang.

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini memang makanan hit sampai sekarang ya. Nuhun," tulis Fadjroel.

Namun, foto Bipang yang diunggah Fadjroel diketahui merupakan kudapan khas Pasuruan atau bukan dari Ambawang, Kalimantan Barat.

Inggih Bipang/Jipang makanan halal semua agama. Kalau bipang ambawang (saya malah belum tahu) kalau artinya demikian untuk nonmuslim. Terimakasih,” cuit Fadjroel.

Potongan video berisi ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat untuk membeli kuliner khas daerahnya masing-masing jika rindu kampung halaman menjadi viral di dunia maya.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Kepala Negara sebagai solusi melepas kerinduan lantaran pada Lebaran tahun ini pemerintah meniadakan kegiatan mudik.

Nah, yang membuat heboh adalah terselip jenis kuliner dari Kalimantan Barat yaitu bipang dari daerah Ambawang yang disebut warganet merupakan akronim dari babi panggang.

Advertisement

"Untuk bapak, ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Yogya, bandeng Semarang, siomay Bandung, pempek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan," kata Jokowi dalam potongan video yang diunggah oleh akun Twitter @BosTemlen, Jumat (7/4/2021).

Sementara itu, pernyataan Presiden Jokowi mempromosikan Bipang Ambawang juga diunggah oleh akun Instagram @bipangambawang.

"Sebuah kebanggan kami dapat disebut oleh bapak Presiden @jokowi dalam pidato tadi malam di Kompas TV," tulis akun tersebut, Kamis (6/5/2021).

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Semarakkan Hari Batik Nasional, Pengunjung Membatik Massal di Pedestrian Malioboro

Jogja
| Minggu, 02 Oktober 2022, 06:07 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement