Jokowi Sampaikan Bela Sungkawa atas Musibah KRI Nanggala-402

KRI Nanggala-402 - Antara
26 April 2021 13:57 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan bela sungkawa atas gugurnya 53 prajurit TNI AL saat menjalankan tugas di KRI Nanggala-402.

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI AL di KRI Nanggala-402 dalam melaksanakan tugas di perairan utara Pulau Bali,” ujarnya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

BACA JUGA : Keluarga Korban Kapal Selam KRI Nanggala Asal Bantul Gelar Doa Tahlil Selama 7 Hari

Menurut Presiden Jokowi para prajurit Hiu Kencana tersebut adalah putra-putra terbaik bangsa dan patriot terbaik penjaga kedaulatan negara.

Kepala Negara juga mendoakan semoga arwah prajurit-prajurit Hiu Kencana mendapatkan tempat  terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Presiden juga menyampaikan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, serta  ketabahan.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Mereka juga akan mendapat Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi, pengabdian, serta pengorbanannya sebagai prajurit-prajurit terbaik Indonesia.

Selain itu, pemerintah akan menjamin pendidikan putra-putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan strata satu (S1).

BACA JUGA : Dinyatakan Gugur, Komandan KRI Nanggala-402 yang Tenggelam Adalah Almuni SMA Muhammadiyah 1 Jogja

“Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, Bakamla, BPPT, dan KNKT serta seluruh unsur yang tidak bisa saya sebut satu per satu yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggala-402 ini,” ungkap Presiden Jokowi.

Dia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan terhadap seluruh negara sahabat yang telah memberikan bantuan dalam pencarian kapal selam tersebut.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia