Aplikasi iMagelang Punya 4.420 e-Book, Makin Diminati Saat Pandemi

Aplikasi iMagelang. - Ist/dok
20 April 2021 23:07 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG - Akses buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang tidak hanya bisa dilakukan melalui kunjungan ke perpustakaan, melainkan bisa melalui digital, yakni lewat aplikasi iMagelang.

Aplikasi iMagelang memiliki lebih dari 4.420 e-book yang bisa dibaca masyarakat atau pemustaka secara virtual. Aplikasi milik Disperpusip ini semakin diminati pemustaka di saat pandemi Covid-19 ini.

Kepala Disperpusip Kota Magelang Isa Ashari menjelaskan, aplikasi perpustakaan ini berbasis media sosial, yang dilengkapi dengan e-Reader untuk membaca buku-buku dalam format elektronik atau e-Book.

"Dengan fitur-fitur media sosial, pemustaka dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna lainnya", terang Isa, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Kemenkes Salurkan Rp246,8 Miliar Insentif Untuk Nakes, Ini Rincian per Penerima

Pemustaka, lanjutnya, bisa memberikan rekomendasi buku yang sedang dibaca, juga menyampaikan ulasan atas buku tersebut. Selain e-Reader, fitur-fitur unggulan lain antara lain koleksi buku virtual, e-Pustaka, feed, dan rak buku virtual.

"Aplikasi iMagelang memungkinkan pemustaka membaca bahan-bahan bacaan koleksi Perpustakaan Kota Magelang, baik secara online maupun offline selama 24 jam," imbuhnya.

Baca juga: Ancaman Impor Daging Ayam di Depan Mata

Dijelaskan Isa, aplikasi yang diluncurkan sejak 2017 itu memiliki bobot hanya 15 megabytes, hingga saat ini telah diunduh lebih dari seribu kali melalui Play Store. Dari 4.420 e-book itu terdiri dari 2.110 judul buku berbagai keilmuan.

"Melalui iMagelang harapannya kita bisa menyelaraskan minat baca dengan perubahan perilaku masyarakat dalam membaca buku, dari media konvensional ke media digital," ungkap Isa.

Di sisi lain, inovasi ini juga memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan-bahan bacaan bermutu dan sarat ilmu pengetahuan, yang mudah diakses tanpa terbatasi oleh ruang dan waktu.