Polisi Tuntaskan Olah TKP Ledakan di Kilang Balongan, Ini Hasilnya?

Mobil pemadam kebakaran melintas di lokasi kebakaran kilang PT Pertamina di Balongan, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). - Antara
13 April 2021 12:17 WIB Kim Baihaqi News Share :

Harianjogja.com, INDRAMAYU - Kepolisian Daerah Jawa Barat sudah merampungkan olah tempat kejadian perkara ledakan di kilang minyak Pertamina di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A. Chaniago menyebutkan olah TKP sudah dilakukan sejak Rabu (7/4/2021) dan ditinjau langsung oleh Kepala Bareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

"Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengetahui penyebab insiden kebakaran. Hasil olah TKP, tim Laboratorium Forensik (Labfor) mengambil beberapa material untuk dianalisa di Mabes Polri, hasil analisanya perlu waktu," kata Erdi, Sening (12/4/2021).

BACA JUGA : Polisi Periksa 52 Orang terkait Ledakan Kilang Balongan 

Erdi menyebutkan ratusan warga yang semula mengungsi di Bumi Patra Balongan kini sudah kembali ke rumahnya masing-masing dan aktivitas di kilang Balongan kembali berjalan normal.

Aktivitas kilang Pertamina di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kembali beroperasi setelah diberlakukan shut down akibat meledaknya tangki T-301 pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Sebelumnya, pasokan BBM untuk Jakarta dipenuhi oleh Kilang Dumai, Cilacap, Balikpapan, dan Kilang TPPI Tuban dengan cara memaksimalkan kapasitas produksi.

"Untuk alih supply saat ini mulai disesuaikan secara bertahap, seiring dengan mulai beroperasinya kilang Pertamina Balongan," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Ifki Sukarya.

BACA JUGA : Investigasi Ledakan Kilang, Pertamina: Tak Ada Toleransi

Kilang Pertamina Balongan memiliki kemampuan mengolah 125 ribu barel per hari atau 12 persen dari kapasitas produksi nasional.

Ifki mengatakan kilang di Balongan memiliki peran penting menjaga kestabilan pasokan Premium, Pertamax, dan LPG yang disalurkan ke DKI Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat.

"Produk utama Kilang Pertamina Balongan seperti Premium, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Avtur, LPG, dan Propylene, yang semuanya memiliki kontribusi besar dalam menghasilkan pendapatan baik bagi PT Pertamina (Persero) maupun bagi negara," kata Ifki.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia