Advertisement

Dai DIY Dukung Pencegahan Radikalisme

Sunartono
Senin, 05 April 2021 - 08:17 WIB
Sunartono
Dai DIY Dukung Pencegahan Radikalisme sSeminar Kebangsaan bertajuk Peran Da'i Dalam Deradikalisasi Faham Beragama di Indonesia, Minggu (4/4/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Aksi terorisme yang terjadi di beberapa tempat akhir-akhir ini membuat prihatin banyak kalangan. Ikatan Da'i Indonesia (Ikadi) DIY menyatakan keprihatinannya dan selalu siap mendukung pemerintah dalam menangkal radikalisme. Pencegahan radikalisme ini dibahas dalam seminar Kebangsaan bertajuk Peran Da'i Dalam Deradikalisasi Faham Beragama di Indonesia, Minggu (4/4/2021) diikuti oleh 54 da'i yang tergabung Ikadi se-DIY.

Ketua Dewan Syuro Ikadi Pusat Tulus Musthofa mengaku prihatin dengan adanya gangguan kamtibmas seperti aksi terorisme yang dilakukan segelintir orang di tengah suasana pandemic Covid-19. Ia memastikan hakekatnya agama adalah membawa kedamaian bagi seluruh umat dan sama sekali tidak mengajarkan tindakan teror.

Advertisement

BACA JUGA : Kader PKS Siap Bendung Radikalisme dan Terorisme

“Kami dari Ikadi tentu mendukung kebijakan pemerintah dalam menangkal radikalisme terorisme, untuk kedamaian seluruh masyarakat,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (5/4/2021).

Tulus menambahkan dai memiliki peran penting di tengah masyarakat dalam memberikan pemahaman terkait sikap moderasi dalam interaksi sosial. Oleh karena pertemuan ilmiah kebangsaan untuk para Dai tergolong penting guna membangun kesadaran dai terhadap bahaya radikalisme dalam kehidupan.

“Kami tentu berharap, dai bisa membangun kesadaran dan pemahaman prinsip moderat untuk kemudian sikap moderat itu ditularkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kabag Binopsnal Ditbinmas Polda DIY AKBP Ahmad Hanafi menyatakan kepolisian memiliki tugas melakukan pencegahan terhadap radikalisme terorisme dengan dukungan seluruh elemen masyarakat. “Melalui program pencegahan harapannya bisa mencegah pemahaman radikal dan mengembalikannya ke jalan dan kaidah yang benar,” katanya.

BACA JUGA : ASN Diingatkan Waspada Ancaman Paham Radikalisme

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Wahib Jamil menambahkan dalam setiap ceramahanya hendaknya dai selalu menebarkan kedamaian dan mengajak terhadap Tindakan yang dilarang agama. Sehingga dai harus bisa menyeimbangkan antara hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan antarmanusia dalam kehidupan.

Di sela-sela pelaksanaan seminar tersebut, Da'i Ikadi DIY menyatakan ikrar dengan penuh kesadaran menolak paham radikalisme terorisme, menjaga integrasi bangsa dan berkomitmen mendampingi masyarakat dalam membangun moderasi beragama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement