Tercium Bau Menyengat Sebelum Kilang Balongan Terbakar

Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. - Antara
29 Maret 2021 14:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, INDRAMAYU — Berdasarkan penuturan warga yang rumahnya berada di sekitar kawasan kilang Balongan milik Pertamina di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tercium bau sangat menyengat seperti bahan bakar minyak dan bau itu tidak seperti biasanya sebelum terjadinya ledakan di kilang tersebut.

"Sekitar pukul 23.00 WIB bau bensin sangat menyengat, bahkan saya sempat beberapa kali muntah," kata warga Blok Kesambi, Desa/Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu Yati di Indramayu, Senin.

Yati terpaksa mengungsi di Pendopo Kabupaten Indramayu karena rumahnya sangat dekat dengan kilang Pertamina Balongan yang terbakar dan meledak.

Dia mengatakan bahwa pada hari Minggu (28/3/2021) tengah malam warga sempat mencium bau yang sangat menyengat dan itu tidak seperti hari-hari biasanya.

Kemudian, selang beberapa jam, lanjut Yati, terdengar suara ledakan yang sangat keras dan seketika warga langsung berhamburan melihat api sudah membubung tinggi. "Suaranya sangat keras, saya tidak bisa membayangkannya lagi, yang pasti trauma," tuturnya.

Sementara itu, Lusiati juga mengatakan hal yang sama. Sebelum adanya ledakan, dirinya mencium bau yang sangat menyengat, kemudian disusul suara ledakan.

Dia mengaku tidak sempat mengemasi pakaian untuk mengungsi, karena waktu itu sangat panik, sebab api sudah membumbung tinggi. "Tidak sempat apa-apa, apalagi pada waktu kejadian saya juga sedang menunggu suami pulang," katanya.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan bahwa ada laporan mengenai indikasi kebocoran pada pipa tangki minyak yang terbakar di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu.

"Kami mendapatkan informasi tadi bahwa ada rembesan atau kebocoran di pipa tangki yang terbakar," katanya di Indramayu, Senin, (29/3/2021).

Kebocoran tersebut, menurut dia, diduga memicu terbakarnya tangki minyak di kilang minyak RU VI Balongan.

Sumber : Antara