Ada Rencana Tatap Muka tapi Vaksinasi Kampus Belum Terealisasi, Ini Kata Satgas..

Universitas Jenderal Soedirman/Antara - HO / Humas Unsoed\\r\\n\\r\\n
24 Maret 2021 18:47 WIB Mutiara Nabila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Pemerintah berencana memulai kegiatan pembelajaran tatap muka. Untuk mencegah penyebaran Covid-19, vaksinasi untuk tenaga pendidik dan perserta didik sangat diperlukan.

Namun demikian, untuk vaksinasi massal di kampus perguruan tinggi masih harus bersabar. Pasalnya, Satgas Penanganan Covid-19 masih menunggu arahan resmi pemerintah.

"Mohon menunggu arahan pemerintah sesuai prioritas populasi," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito kepada Bisnis, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: Ditolak Domain Internet, Aksara Jawa Belum Diakui sebagai Alat Komunikasi

Wiku menjelaskan, vaksinasi memang seharusnya didahulukan dulu bagi yang rentan dan tinggi tingkat mobilitasnya.

Rencananya pemerintah akan kembali membuka sekolah tatap muka mulai Juli 2021. Empat menteri rencananya akan memperjelas aturammya melalui surat keputusan bersama (SKB) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Setelah Vaksinasi Covid-19. 

Empat menteri yang terlibat pada peluncuran SKB pekan depan, Selasa (30/3/2021) yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. Sebelumnya SKB direncanakan untuk diterbitkan hari ini, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: Kondisi Terkini Gunung Merapi: Lava Meluncur 19 Kali

Beberapa hal yang dipertimbangkan antara lain lantaran selama pandemi, pengaruh yang sangat besar terhadap pelaksanaan pendidikan, terutama karena sekolah harus tutup untuk mencegah penyebaran virus di kalangan pelajar, pendidik, dan tenaga kependidikan. 

Sumber : bisnis.com