Mobil Robotik NASA Mulai Berjelajah di Planet Mars

Mobil robotik Perseverance NASA. - NASA
07 Maret 2021 15:57 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Penjelajah Perseverance Mars 2020 milik NASA melakukan uji coba mobilitas pertamanya di Mars, yakni sekitar 21 kaki dari lanskap luar angkasa.

Uji mobilitas adalah salah satu dari banyak pencapaian untuk memeriksa daftar tugas Perseverance, karena anggota tim mengkalibrasi setiap sistem dan instrumen di rover.

Ketika para ilmuwan memutuskan semua sistem berjalan, maka penjelajahan bisa sebesar lapangan sepak bola sekaligus.

"Ketika berbicara tentang kendaraan beroda di planet lain, ada beberapa peristiwa pertama kali yang mengukur signifikansinya dengan penggerak pertama," kata Anais Zarifian, insinyur uji mobilitas penjelajah Perseverance Mars 2020 di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Selatan California.

“Ini adalah kesempatan pertama kami untuk menjelajahi planet merah. Penggerak enam roda penjelajah merespons dengan luar biasa. Kami sekarang yakin bahwa sistem penggerak kami siap digunakan, mampu membawa kami ke mana pun ilmu pengetahuan menuntun kami selama dua tahun ke depan. ”

Perjalanan berlangsung sekitar 33 menit, saat penjelajah berbelok dan mundur ke tempat parkir baru dengan sangat cepat, kata para pejabat.

Sejak pendaratan 18 Februari, pengontrol misi juga telah menyelesaikan pembaruan perangkat lunak, menerapkan sensor angin Perseverance, dan menguji lengan robot sepanjang 7 kaki penjelajah.

Penjelajah sekarang siap untuk memulai misi yang lebih rumit, termasuk menemukan lokasi peluncuran helikopter mini bulan depan.

Para ilmuwan berharap misi multi-tahun ini akan memberikan wawasan tentang geologi kawasan dan iklim masa lalu, dan menentukan apakah kehidupan pernah ada di planet ini.

Pejabat NASA mengantisipasi bahwa sampel dan data yang dikumpulkan oleh Perseverance pada akhirnya akan mempersiapkan astronot untuk eksplorasi manusia di Mars.

Dengan penjelajah yang sekarang bergerak, para ilmuwan mengenang situs pendaratannya, secara informal menamainya untuk mendiang penulis fiksi ilmiah Octavia E. Butler.

Sumber : bisnis.com