5 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Jambangan Karanganyar Ditutup

Mahasiswa menggambar mural bertema penanganan Covid-19 di Balai Desa Gawanan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (4/3/2021). Mural tersebut sebagai media edukasi masyarakat masyarakat desa pentingnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. - Antara/Mohammad Ayudha.
06 Maret 2021 10:57 WIB Sri Sumi Handayani News Share :

Harianjogja.com, KARANGANYAR — Pasar Jambangan, Mojogedang diserang virus Covid-19. Puskesmas Mojogedang 2, Karanganyar, sudah melakukan tracing kontak erat lima pedagang Pasar Jambangan, Mojogedang, yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pelacakan kontak erat sudah dilakukan dalam sepuluh hari terakhir. Kepala Puskesmas Mojogedang 2, Kristuti Catur, menuturkan sudah melaksanakan tes swab PCR kepada 51 kontak erat lima pedagang yang positif Covid-19.

“Sudah sekitar sepuluh hari ini kami tracing. Didapatkan data itu. Kami masih tracing karena jumlah pedagang ini banyak. Ada 400-an orang. Pasar Jambangan ini luas dan pedagangnya banyak banget,” ujar Catur saat dihubungi Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Jumat (5/3/2021).

Catur menuturkan puskesmas berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat, kecamatan, dan kepala Pasar Jambangan, Mojogedang, Karanganyar, terkait penanganan kasus Covid-19 tersebut.

Langkah itu untuk memudahkan pelaksanaan tracing dan pendataan pedagang kontak erat. Catur menegaskan puskesmas hanya fokus pada penanganan kesehatan.

“Ini baru sebagian yang kami tracing. Kami sudah koordinasi dengan kepala pasar. Kami sarankan membuat Jogo Tonggo khusus untuk pasar. Tim itu yang bergerak. Kami mendampingi saat memberikan edukasi tentang tindakan kesehatan. Itu kepada individu maupun lingkungan sekitar,” tuturnya.

Mengenai penyemprotan disinfektan di Pasar Jambangan, Karanganyar, untuk mencegah penularan Covid-19 lebih luas, Catur menyampaikan akan menindaklanjuti usulan tersebut. Sedangkan untuk tes swab PCR bagi seluruh pedagang, Catur belum dapat menyampaikan informasi secara detail.

Catur mengatakan tracing masih berjalan hingga dirasa cukup untuk menangani kasus Covid-19 di Pasar Jambangan. Tes swab PCR untuk Pasar Jambangan dijadwalkan setiap Selasa.

Seperti diberitakan, Pasar Jambangan, Mojogedang, Karanganyar, ditutup sementara pada Senin-Selasa (8-9/3/2021) lantaran ada lima pedagang yang positif Covid-19.

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Karanganyar, Martadi, mengatakan segera menyosialisasikan penutupan pasar itu kepada pedagang dan masyarakat.

Sumber : JIBI/Solopos