Advertisement

KRL Jogja-Solo Beroperasi, Perlintasan KA Barat Stasiun Klaten Resmi Ditutup Permanen

Ponco Suseno
Senin, 08 Februari 2021 - 12:27 WIB
Budi Cahyana
KRL Jogja-Solo Beroperasi, Perlintasan KA Barat Stasiun Klaten Resmi Ditutup Permanen Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Perlintasan kereta api (KA) di barat Stasiun Klaten resmi ditutup secara permanen, Selasa (9/2/2021). Penutupan akan diikuti pengalihan arus ke arah Klasis dan Srago.

Pelaksana Tugas (PLt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Sudiyarsono, mengatakan penutupan jalan pintu lintasan (JPL) 280 tersebut sebagai imbas beroperasinya kereta rel listrik (KRL Jogja-Solo), 10 Februari 2021.

Advertisement

BACA JUGA: Terbangkan Drone untuk Pantau Kerusakan Hutan Merapi Belum Bisa Dilakukan Waktu Dekat

Perjalanan KRL Solo-Jogja berjumlah 20 perjalanan setiap harinya. KRL Jogja-Solo akan berhenti di 11 stasiun. Masing-masing, Stasiun Jogja, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, Solo Balapan. Waktu tempuh KRL rata-rata mencapai 68 menit. Kecepatan maksimal KRL mencapai 90 kilometer/jam. Tarif satu kali perjalanan senilai Rp8.000.

"Hari ini, kami akan menggelar rapat terkait rencana penutupan perlintasan KA di barat Stasiun Klaten," kata Sudiyarsono kepada JIBI, Senin (8/2/2021).

Sudiyarsono mengatakan penutupan perlintasan KA di barat Stasiun Klaten secara permanen dipastikan memberikan dampak arus lalu lintas di beberapa jalan di sekitar stasiun. Hal itu seperti Jl. Seruni, Jl. Borobudur, Jl. Halmahera, dan Jl. Samanhudi.

"Perubahannya di antaranya waktu siklus traffic light di Klasis," katanya.

BACA JUGA: Kulonprogo Minta Aturan PTKM Lebih Detail, Bukan Sekadar Pembatasan Jam Malam

Rencana penutupan perlintasan KA di JPL 280 atau di barat Stasiun Klaten, Selasa (9/2/2021) itu juga sudah disosialisasikan pengelola stasiun dan pengelola KRL Jogja-Solo.

"Kami juga memasang lima spanduk terkait penberitahuan itu. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres Klaten dan Pemkab Klaten," kata Kepala Stasiun Klaten, Sutopo.

Tiket KRL Jogja-Solo menggunakan kartu multi trip (KMT) dari KAI Commuter atau pun kartu uang elektronik dari bank, yakni E-money Mandiri, Flazz BCA, BRIZZI, dan BNI Tap Cash. KMT dijual di seluruh stasiun senilai Rp30.000. Hal itu sudah termasuk saldo Rp10.000. Dengan adanya KRL Solo-Jogja, kereta rel diesel (KRD) Prambanan Ekspres (Prameks) relasinya diubah ke Kutoarjo-Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Bukan Emas Asli, Pin untuk Dewan Sleman Seharga Rp175 Ribu Per Keping

Sleman
| Rabu, 24 Juli 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement