Masuk Daftar Pahlawan 2021 Sejajar Elon Musk, Anies Baswedan Bangga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah berpose dalam acara Webinar Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta pada Selasa (24/11/2020). - JIBI/Bisnis.com/Nyoman Ary Wahyudi
05 Februari 2021 15:27 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam 21 Heroes 2021 versi lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). Anies menyebut pencapaian itu merupakan bukti pencapaian kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menata Ibu Kota.

Anies menggarisbawahi, keberhasilan itu berkaitan dengan transformasi sistem angkutan umum massal yang nyaman dan inklusif bagi seluruh masyarakat DKI Jakarta.

“Salah satunya adalah integrasi bus rapid transit yang diimplikasikan ke dalam sistem JakLingko,” kata Anies lewat keterangan resmi pada Jumat (5/2/2021).

Dia juga menyebut, bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut berhasil mengintegrasikan halte dengan stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line maupun Moda Raya Terpadu (MRT).

Integrasi itu sembari menjajaki peluang pengembangan peluncuran bus listrik untuk operasional transportasi umum massal.

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi,” kata dia.

Anies dinobatkan sebagai salah satu “pahlawan” dalam 21 Heroes 2021 oleh lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Anies bersama 20 orang lainnya termasuk CEO SpaceX sekaligus arsitek produksi Tesla, Elon Musk dan Wali Kota Paris Anne Hidalgo dinilai berhasil mengubah mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Dalam dokumen resmi TUMI, disebutkan bahwa 21 Heroes 2021 adalah ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020, terlepas dari tantangan pandemi Covid-19 dan meletakkan dasar inisiatif mobilitas berkelanjutan pada tahun 2021.

Individu yang disoroti dalam publikasi ini adalah sekelompok kecil, namun kuat, dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk menjadikan mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif, dan berkelanjutan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia