Advertisement

Perubahan pada Lidah, Tangan atau Kaki Bisa Jadi Gejala Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Januari 2021 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
Perubahan pada Lidah, Tangan atau Kaki Bisa Jadi Gejala Covid-19 Lidah - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penelitian yang dipublikasikan di Spanyol belum lama ini menyebut perubahan pada lidah, tangan, atau telapak kaki dapat memberikan indikasi awal infeksi Covid-19.

Kesimpulan muncul dari penelitian yang dilakukan di antara 666 pasien dengan Covid-19 di rumah sakit lapangan IFEMA Madrid yang didirikan selama gelombang pertama pandemi, kata pemerintah daerah. Demikian dilansir dari Strait Times.

Advertisement

Satu dari empat pasien mengatakan mereka telah memperhatikan perubahan pada lidah mereka, sementara empat dari 10 melihat tanda-tanda yang tidak biasa di telapak tangan atau telapak kaki mereka.

Studi tersebut dilakukan pada bulan April oleh para profesional perawatan kesehatan dari rumah sakit La Paz Madrid dan layanan perawatan primer, dengan temuan yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology dalam bentuk "surat penelitian" pada bulan September.

Beberapa pasien melaporkan pembengkakan pada lidah dan munculnya bercak, yang disebut "lidah Covid", yang dalam banyak kesempatan dikaitkan dengan hilangnya rasa.

Gejala lainnya adalah sensasi terbakar dan kemerahan pada telapak tangan atau telapak kaki, yang pada beberapa kasus diikuti dengan munculnya noda kecil.

"Hampir setengah dari pasien dengan Covid-19 ringan hingga sedang yang dirawat di rumah sakit lapangan selama periode dua minggu menunjukkan temuan mukokutan," kata surat itu.

"Rongga mulut sering terlibat dan membutuhkan pemeriksaan khusus dalam keadaan yang tepat untuk menghindari risiko penularan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ada 17 Ruas Jalan Kawasan Wisata Rusak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement