Perubahan pada Lidah, Tangan atau Kaki Bisa Jadi Gejala Covid-19

Lidah - Istimewa
28 Januari 2021 00:27 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penelitian yang dipublikasikan di Spanyol belum lama ini menyebut perubahan pada lidah, tangan, atau telapak kaki dapat memberikan indikasi awal infeksi Covid-19.

Kesimpulan muncul dari penelitian yang dilakukan di antara 666 pasien dengan Covid-19 di rumah sakit lapangan IFEMA Madrid yang didirikan selama gelombang pertama pandemi, kata pemerintah daerah. Demikian dilansir dari Strait Times.

Satu dari empat pasien mengatakan mereka telah memperhatikan perubahan pada lidah mereka, sementara empat dari 10 melihat tanda-tanda yang tidak biasa di telapak tangan atau telapak kaki mereka.

Studi tersebut dilakukan pada bulan April oleh para profesional perawatan kesehatan dari rumah sakit La Paz Madrid dan layanan perawatan primer, dengan temuan yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology dalam bentuk "surat penelitian" pada bulan September.

Beberapa pasien melaporkan pembengkakan pada lidah dan munculnya bercak, yang disebut "lidah Covid", yang dalam banyak kesempatan dikaitkan dengan hilangnya rasa.

Gejala lainnya adalah sensasi terbakar dan kemerahan pada telapak tangan atau telapak kaki, yang pada beberapa kasus diikuti dengan munculnya noda kecil.

"Hampir setengah dari pasien dengan Covid-19 ringan hingga sedang yang dirawat di rumah sakit lapangan selama periode dua minggu menunjukkan temuan mukokutan," kata surat itu.

"Rongga mulut sering terlibat dan membutuhkan pemeriksaan khusus dalam keadaan yang tepat untuk menghindari risiko penularan."

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia