Sikap Jujur Doni Monardo yang Terkena Covid-19 Dipuji

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memberikan paparan saat pembekalan kebencanaan bagi media massa di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (21/2/2019). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga - hp.\\n
24 Januari 2021 10:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Sikap keterbukaan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo yang mengumumkan terinfeksi Covid-19 dipuji dan dianggap memberi contoh yang baik kepada masyarakat.

Penulis Ahmad Arif dalam cuitannya di akun pribadinya @aik_arif memberikan hormat atas sikap Doni yang terbuka untuk menyampaikan informasi dirinya yang terpapar Covid-19.

Ia membandingkan sikap Doni dengan Menteri Kordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang diketahui tak membuka informasi saat terinfeksi Covid-19.

"Pak Doni positif dari hasil PCR dan terbuka mengakui kondisinya. Hormat telah memberi contoh baik. Covid-19 bukan aib," tulis Arif yang dikutip Suara.com--jaringan Harianjogja.com, Sabtu (23/1/2021).

Arif menyebut seharusnya Airlangga malu karena diam-diam tak menyampaikan ke publik perihal status positif Covid-19 yang pernah dialami.

"Menko Airlangga mestinya malu," kata dia.

Sementara itu akun kelompok relawan di balik akun @laporcovid juga mengapresiasi sikap Doni yang terbuka untuk menyampaikan informasi karena terpapar Covid-19. Mereka juga membandingkan sikap Doni dengan Menko Airlangga.

"Bila sebelumnya ada pejabat setingkat Menko (juga Ketua KPCPEN) diam-diam menyembunyikan status positif #Covid19, menunjukkan teladan buruk dan komunikasi amburadul," tulis LaporCovid

Doni Monardo mengumumkan dirinya positif tertular virus corona menyusul aktivitas padat dalam sepekan terakhir memimpin penanggulangan bencana gempa bumi Sulawesi Barat dan banjir Kalimantan Selatan.

“Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif Covid-19 dengan CT Value 25. Saya sama sekali tidak merasakan gejala apapun dan pagi ini tetap beraktivitas normal dengan olahraga ringan berjalan kaki 8 kilometer,” tutur Doni dalam siaran pers, Sabtu (23/1/2021)

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut, kini tengah melakukan isolasi mandiri sambil terus memantau perkembangan penanganan Covid-19 dan penanganan bencana di berbagai daerah.

Doni yang baru kembali dari Mamuju, Sulbar, Jumat sore, menuturkan dirinya selama ini begitu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan mencuci tangan.

Publik baru mengetahui pekan ini bahwa Airlangga Hartarto pernah terinfeksi Covid-19. Informasi itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam acara Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen, Senin (18/1/2021).

Airlangga hadir dalam acara tersebut sebagai pendonor Plasma Konvalesen. Syarat menjadi pendonor adalah pernah menderita Covid-19.

Sumber : suara.com