Gawat! Relawan hingga Wartawan di Posko Sriwijaya Air JICT Reaktif Covid-19

Petugas gabungan menurunkan kantong berisi temuan bagian dari pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak yang jatuh di perairan Pulau Seribu di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021). - ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
14 Januari 2021 13:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak ditemukan kasus reaktif Covid-19 di Posko Terpadu Sriwijaya Air JICT II, Jakarta Utara. Hal tersebut diketahui seusai dilakukan pemeriksaan di lokasi melalui test swab antigen di beberapa posko yang beradi di JICT II.

Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman menyebutkan, mereka yang dinyatakan reaktif adalah para petugas, relawan, hingga awak media. Meski demikian, dia tidak merinci jumlah temuan itu secara pasti.

"Ya orang yang ada di sini. Yang memeriksakan diri, kan tidak semua memeriksakan diri. Tapi dari yang memeriksakan diri itu, ada petugas, ada media, ada relawan. Ternyata ya ada yang reaktif, banyak yang reaktif," kata Rasman di lokasi, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Black Box Pesawat SJ-182 Ditemukan, Ini Harapan Bos Sriwijaya Air

Untuk itu, Rasman menekankan jika protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan di lokasi. Menurutnya, mereka yang dinyatakan reaktif langsung menjalani proses isolasi dan tidak diperkenankan berkeliaran di kawasan JICT II.

"Kemudian langsung diisolasi, kan prosedurnya begitu. Tidak boleh lagi berkeliaran di sini. Langsung diisolasi, tidak boleh berkegiatan lagi di sini," kata dia.

Menurut Rasman, para petugas SAR yang bertugas melakukan pencarian pun telah menjalani pemeriksaan Covid-19. Mereka yang turun ke lapangan pun harus dipastikan sehat sebelum melakukan operasi pencarian.

Baca juga: Cerita Korban Teror DC Pinjaman Online, Data Pribadi Disebar dengan Narasi Kasar

"Kalau di lapangan, yang jelas sebelum terjun ke lapangan kita lakukan pengecekan, terutama pada saat dia bergerak dari sini naik kapal, dicek dulu, benar-benar sehat, termasuk Covid-19," imbuh Rasman.

Sumber : suara.com