Pasien Covid-19 RS Saiful Anwar Malang Membeludak, Terpaksa Dirawat di Lobi

Foto tangkapan layar CCTV Lobi RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur diambil pada Kamis (17/12/2020) pukul 19.38 WIB. Foto itu menunjukkan sejumlah pasien Covid-19 terpaksa dirawat di Lobi RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur. - Istimewa
19 Desember 2020 15:07 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pasien Covid-19 di Malang, Jawa Timur dikabarkan membeludak. Sejumlah tenaga medis di sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT) Jawa Timur membagikan foto kondisi overkapasitas penanganan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur.

Dokter Spesialis Emergensi Tri Maharani mengatakan, pasien terpaksa dirawat di lobi RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur.

Alasannya, UGD di rumah sakit itu sudah terisi lebih dari 40 pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Adapun foto tangkapan layar CCTV Lobi RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur diambil pada Kamis (17/12/2020) pukul 19.38 WIB.

Baca juga: Presiden Jokowi: Meluruskan Hoaks Seperti Mengumpulkan Beling-Beling dari Cawan Pecah

Tri mengatakan, seluruh rumah sakit yang berada di Provinsi Jawa Timur mengalami overkapasitas terkait pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang mesti dirawat.

“Jadi kondisi Jawa Timur sangat naik kasusnya dan semua rumah sakit mengalami overload pasien. Bahkan kasus di kediri seorang nakes positif Covid-19 terpaksa melahirkan di rumah karena penuhnya kamar bersalin,” kata Tri melalui pesan tertulis pada Sabtu (19/12/2020).

Menanggapi kejadian itu, Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman, mengatakan perlunya pemerintah daerah untuk meningkatkan kemampuan pemeriksaan dan penelusuran kontak Covid-19 di tengah masyarakat.

Baca juga: Kasus Covid-19 Tinggi, Rencana Pembelajaran Tatap Muka untuk Siswa di Magelang Ditunda

Dengan demikian, dia melanjutkan, tindakan karantina dan isolasi dapat berjalan efektif di fasilitas kesehatan yang ada di masing-masing daerah.

“Tentu intinya di aspek testing tracingnya yang sangat penting dioptimalkan sehingga tindakan karantina dan isolasi atau treatmennya bisa efektif,” kata Dicky melalui pesan suara pada Sabtu (19/12/2020).

Menurut dia, peningkatan kapasitas pemeriksaan dan penelusuran kontak Covid-19 bakal mencegah beban perawatan di fasilitas kesehatan.

Misalkan, kejadian yang terjadi di RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur tersebut.

Sumber : Bisnis.com