Advertisement

Pasien Covid-19 RS Saiful Anwar Malang Membeludak, Terpaksa Dirawat di Lobi

Nyoman Ary Wahyudi
Sabtu, 19 Desember 2020 - 15:07 WIB
Nina Atmasari
Pasien Covid-19 RS Saiful Anwar Malang Membeludak, Terpaksa Dirawat di Lobi Foto tangkapan layar CCTV Lobi RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur diambil pada Kamis (17/12/2020) pukul 19.38 WIB. Foto itu menunjukkan sejumlah pasien Covid-19 terpaksa dirawat di Lobi RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pasien Covid-19 di Malang, Jawa Timur dikabarkan membeludak. Sejumlah tenaga medis di sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT) Jawa Timur membagikan foto kondisi overkapasitas penanganan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur.

Dokter Spesialis Emergensi Tri Maharani mengatakan, pasien terpaksa dirawat di lobi RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Alasannya, UGD di rumah sakit itu sudah terisi lebih dari 40 pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Adapun foto tangkapan layar CCTV Lobi RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur diambil pada Kamis (17/12/2020) pukul 19.38 WIB.

Baca juga: Presiden Jokowi: Meluruskan Hoaks Seperti Mengumpulkan Beling-Beling dari Cawan Pecah

Tri mengatakan, seluruh rumah sakit yang berada di Provinsi Jawa Timur mengalami overkapasitas terkait pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang mesti dirawat.

“Jadi kondisi Jawa Timur sangat naik kasusnya dan semua rumah sakit mengalami overload pasien. Bahkan kasus di kediri seorang nakes positif Covid-19 terpaksa melahirkan di rumah karena penuhnya kamar bersalin,” kata Tri melalui pesan tertulis pada Sabtu (19/12/2020).

Menanggapi kejadian itu, Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman, mengatakan perlunya pemerintah daerah untuk meningkatkan kemampuan pemeriksaan dan penelusuran kontak Covid-19 di tengah masyarakat.

Baca juga: Kasus Covid-19 Tinggi, Rencana Pembelajaran Tatap Muka untuk Siswa di Magelang Ditunda

Dengan demikian, dia melanjutkan, tindakan karantina dan isolasi dapat berjalan efektif di fasilitas kesehatan yang ada di masing-masing daerah.

“Tentu intinya di aspek testing tracingnya yang sangat penting dioptimalkan sehingga tindakan karantina dan isolasi atau treatmennya bisa efektif,” kata Dicky melalui pesan suara pada Sabtu (19/12/2020).

Menurut dia, peningkatan kapasitas pemeriksaan dan penelusuran kontak Covid-19 bakal mencegah beban perawatan di fasilitas kesehatan.

Misalkan, kejadian yang terjadi di RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Truk Bermuatan Jagung Terperosok Jurang di Ngawen Gunungkidul

Gunungkidul
| Senin, 30 Januari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Ke Depan, Naik Candi Borobudur Harus Pakai Sandal Khusus

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement