Advertisement

Vaksin Covid-19 Tak Akan Sempurna Tanpa Kepatuhan 3M

Jaffry Prabu Prakoso
Rabu, 16 Desember 2020 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Vaksin Covid-19 Tak Akan Sempurna Tanpa Kepatuhan 3M Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Indonesia mulai mendatangkan vaksin Covid-19 dan saat ini menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Vaksinolog dan Spesialis Penyakit Dalam, Dirga Sakti Rambe mengatakan bahwa banyak orang berspekulasi di saat BPOM mengkaji vaksin corona. Padahal, izin edar tidak akan keluar apabila ada masalah.

Advertisement

“Ini adalah upaya Pemerintah untuk memastikan, vaksin yang kita gunakan betul-betul aman dan efektif,” katanya pada diskusi virtual, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Penerapan Prokes Pulihkan Ekonomi

Dirga menjelaskan bahwa vaksinasi merupakan upaya pemerintah dalam menangani pandemi. Covid-19 tidak akan hilang dengan sendirinya.

Virus ini pun merenggut banyak nyawa. Akibatnya, publik tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya sehingga membuat ekonomi terpukul.

“Oleh karena itu perlu ada upaya-upaya ekstra, yaitu protokol kesehatan harus dijalankan secara konsisten. Dengan adanya vaksinasi nanti diharapkan akan membantu. Karena vaksin memberi proteksi yang bersifat spesifik,” jelasnya.

Protokol kesehatan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengenakan masker diminta tidak sebagai slogan saja. Terlebih saat vaksinasi.

Baca juga: 238 Petugas Pilkades Sleman Reaktif Rapid Test

“Karena setiap upaya pencegahan tidak ada yang sempurna, jadi kita harus betul-betul melakukan semuanya. Vaksin merupakan instrumen penting untuk mengendalikan pandemi, vaksinasi juga harus dilakukan bersamaan dengan 3M secara konsisten,” ucap Dirga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement