Advertisement

Menristek Berharap Bulan Ini Vaksin Merah Putih Mulai Diuji pada Hewan

Newswire
Kamis, 03 Desember 2020 - 19:37 WIB
Nina Atmasari
Menristek Berharap Bulan Ini Vaksin Merah Putih Mulai Diuji pada Hewan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Pengembangan vaksin Merah Putih berjalan sesuai jadwal atau on track, seperti diungkapkan oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro.

"Dari Lembaga Eijkman saat ini sebenarnya masih on track dengan harapan bulan ini barangkali sudah mulai menuju uji hewan (animal test) sehingga paling lambat Februari atau Maret 2021 itu sudah bisa menyerahkan bibit vaksinnya kepada Bio Farma," kata Menristek Bambang dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Advertisement

Eijkman mengembangkan vaksin dengan menggunakan platform sub-unit protein rekombinan.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Apresiasi MPP Kulonprogo

Menristek Bambang menuturkan ada dua pengembangan bibit vaksin Merah Putih lain dengan platform yang berbeda yang progresnya dinilai relatif cepat, yakni yang masing-masing dikembangkan oleh Universitas Airlangga dan Universitas Indonesia.

"Mudah-mudahan nanti ketika masuk produksinya pun tidak berbeda jauh," tuturnya.

Menristek Bambang menuturkan Universitas Indonesia mengembangkan vaksin dengan platform DNA dan mRNA yang memungkinkan pengembangan vaksin yang lebih cepat.

"Mudah-mudahan tentunya kombinasi ini akan bisa mempercepat tersedianya vaksin merah putih dalam penanganan COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Begini Skenario Pemkab Sleman Hadapi Libur Akhir Tahun

Terkait progres pengembangan vaksin yang dilakukan Universitas Indonesia, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi Ali Ghufron mengatakan sedang dilakukan uji coba di hewan meskipun belum keseluruhan.

"Meskipun belum keseluruhan tapi sudah jalan dan responnya itu sangat positif dan sudah memulai pembicaraan dengan industri," tuturnya.

Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Puspita Lisdiyanti menuturkan LIPI mengembangkan vaksin Merah Putih dengan platform protein rekombinan.

Progres pengembangan saat ini, pihaknya sedang melakukan transfeksi di sel mamalia. Targetnya pada kuartal II 2021, diperoleh kandidat yang sudah dikarakterisasi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PKB Tetap Usung Abdul Halim Muslih untuk Pilkada 2024

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement