Positif Covid-19, Anies Baswedan Tanpa Gejala

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama tokoh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta memberikan pernyataan mengenai imbauan ibadah bersama di tengah Virus Corona COVID-19, Balai Kota Jakarta, Kamis (19/3/2020). (Antara - Ricky Prayoga)
01 Desember 2020 14:07 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya positif terkena virus Corona (Covid-19). Pernyataan tersebut diumumkan melalui akun media sosial Instagram miliknya @aniesbaswedan dan situs resmi Pemprov DKI Jakarta.

Anies juga mengunggah video pernyataan terkait status positif Covid-19. Video tersebut berdurasi 4 menit 52 detik dan sudah tersebar di berbagai grup WhatsApp. Dalam video itu, Anies mengatakan dirinya tertular Covid-19 dari Wakil Gubernur DKI Ariza Patria. Meski demikian, dia mengatakan dalam kondisi sehat atau masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Saat ini kondisi saya Alhamdulillah baik, tidak ada gejala. Setelah konsultasi dengan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan oleh tim medis," kata Anies seperti dikutip Bisnis, Selasa (1/12/2020).

BACA JUGA : Dinyatakan Positif Covid-19, Anies Baswedan Jalani Isolasi

Anies memilih mengumumkan pada kesempatan pertama pada hari ini. Sejak Maret 2020, dia mengklaim selalu sampaikan data apa adanya, transparan, tidak ditambah, dikurangi, dan diberikan secara lengkap kepada masyarakat.

Hal itu juga berlaku situasi yang saya dihadapi Anies. Untuk itu, dia meminta kepada semua orang yang berinteraksi dengannya beberapa hari terakhir ini bisa langsung melakukan langkah yang dibutuhkan, seperti isolasi mandiri atau tes usap (PCR).

"Bagi siapapun yang pernah ketemu saya silakan hubungi Puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap. Tim tracing Dinkes akan mendata, menghubungi semua kontak erat, dan seluruh prosedur terkait akan dijalankan," jelasnya.

Anies menegaskan dirinya akan melakukan isolasi mandiri akan dilakukan di rumah dinas di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Sementara itu, keluarga akan tetap tinggal di rumah pribadi yang terletak di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

BACA JUGA : Wagub Riza Patria Positif Covid-19, Kapan Terakhir Kontak

Dia berjanji tetap bekerja dari rumah dan memimpin rapat-rapat secara virtual.

"Memang sejak Maret sudah terbiasa bekerja secara virtual dan Insya Allah tidak akan ada gangguan dalam proses pengambilan keputusan dan proses pemerintahan," ucap Anies.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia